Pesan PKS ke Sandiaga Uno: Jangan Lupakan Perjuangan Umat

CNN Indonesia | Rabu, 23/12/2020 14:45 WIB
PKS yang pernah mendukung Sandiaga di Pilkada DKI dan Pilpres 2019, berharap Sandi yang kini menjadi menteri, tak melupakan perjuangan rakyat dan umat. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Sandiaga Uno. (CNNIndonesia/Priska Sari Pratiwi)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah melantik enam menteri baru, salah satunya Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra Sandiaga Salahuddin Uno yang menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) menggantikan Wishnutama, Rabu (23/12).

Menanggapi hal tersebut, Presiden PKS Ahmad Syaikhu meminta Sandiaga tidak melupakan perjuangan rakyat yang pernah memberikan dukungan dalam pemilu sebelumnya.

Ia berharap, Sandi--sapaan akrab Sandiaga--bisa memperjuangkan penderitaan rakyat yang pernah mendukungnya.


"Jangan lupakan perjuangan rakyat atau umat. Mereka juga banyak bergerak di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif serta bidang lainnya," kata Syaikhu dalam keterangannya, Rabu (23/12).

Sandiaga pernah ikut dalam dua kontestasi pemilu yakni Pilkada DKI Jakarta 2017 dan Pilpres 2019. Dalam dua ajang pemilu tersebut, PKS selalu masuk dalam koalisi partai politik pendukung Sandi.

Lebih lanjut, Syaikhu mengucapkan selamat bekerja kepada Sandiaga dan para anggota kabinet yang baru dilantik hari ini. Mantan Wakil Wali Kota Bekasi itu mengingatkan kondisi sosial ekonomi Indonesia saat ini yang tengah dihantam pandemi Covid-19.

"Sungguh tidak mudah menjadi menteri di saat seperti ini. Pandemi masih berlangsung dan kondisi ekonomi memprihatinkan," kata Syaikhu.

Ia pun menegaskan bahwa PKS akan tetap konsisten menjadi oposisi dengan mengkritisi pemerintah secara konstruktif.

"Insyaallah PKS konsisten menjadi partai oposisi yang kritis dan konstruktif, mendukung semua program pemerintah yang pro rakyat, dan kritis terhadap kebijakan yang tidak berpihak kepada kepentingan rakyat," tutur Syaikhu.

Presiden PKS Ahmad Syaikhu menyampaikan pidato politik saat Musyawarah Nasional (Munas) V PKS di Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Minggu (29/11/2020). Agenda Munas V PKS membahas arah kebijakan partai lima tahun ke depan dan ikrar pengurus DPP PKS 2020-2025. ANTARA FOTO/M Agung RajasaPresiden PKS Ahmad Syaikhu. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Sandiaga dan lima tokoh lain resmi dilantik Jokowi sebagai menteri baru hasil reshuffle atau perombakan Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/12).

Enam menteri presiden yang baru itu adalah Menteri Sosial Tri Rismaharini, Menparekraf Sandiaga Uno, Menteri Perdagangan M Luthfi, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Selain enam menteri, Jokowi juga melantik Wakil Menteri Pertahanan Muhammad Herindra, Wakil Menteri BUMN Pahala Mansury, Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono, Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi, Wakil Menteri Hukum dan HAM Edward Omar Sharif Hiariej

Jokowi juga melantik Irjen Pol Petrus Golose sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional Petrus Golose dan Hartono Prawiraatmadja sebagai Kepala Badan Restorasi Gambut.

(mts/kid)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK