Dua Pesan Khusus Gus Mus untuk Menteri Agama Yaqut Cholil

CNN Indonesia | Senin, 28/12/2020 09:30 WIB
Gus Mus berpesan ke Menteri Agama Yaqut Cholil untuk menghindari korupsi dan merangkul sema kelompok dari pelbagai latar belakang juga agama. Mustasyar PBNU, Mustofa Bisri alias Gus Mus. (Foto: Detikcom/Didik DH - 20detik)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tokoh agama sekaligus Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Ahmad Mustofa Bisri--atau akrab disapa Gus Mus--memberikan petuah khusus untuk Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Nasihat yang berisi dua pokok pesan itu disampaikan Gus Mus ketika Menag Yaqut berkunjung ke Pesantren Raudlatut Thalibin Leteh, Rembang, Jawa Tengah pada Jumat (25/12) lalu.

Dikutip dari laman resmi NU, Yaqut mengungkapkan pesan Gus Mus itu antara lain memperingatkan dirinya untuk menghindari korupsi serta kolusi, dan ihwal merangkul semua pihak.


"Tidak penting latar belakangnya apa, kelompok, agama, dan ras apa. Semua kita ajak untuk bersama-sama mencintai Indonesia," kata Yaqut.

Maka dengan begitu, cita-cita untuk menjadikan negara ini lebih baik dan maju akan lebih mudah terwujud.

Adapun melalui akun pribadi media sosial Facebook, Gus Mus menuturkan, banyak orang yang mengucapkan selamat atas diangkatnya Yaqut menjadi Menag, karena sebagian orang masih menganggap jabatan menteri sebagai anugerah.

Namun ia mengungkapkan, Yaqut justru tidak demikian. Alih-alih menilai jabatan sebagai anugerah, Gus Mus bersyukur bahwa Yaqut rupanya menempatkan jabatan sebagai amanah.

"Dia sadar bahwa jabatan itu amanah dan tanggung jawab. Jadi aku tinggal ikut mendoakan saja semoga dia mampu melaksanakan amanah dan tanggung jawab itu dengan sebaik-baiknya. Rabbunã yuwaffiq," tulis Gus Mus.

Yaqut Cholil Qoumas merupakan satu di antara enam menteri hasil reshuffle Presiden Jokowi. Pada Selasa (22/12), Jokowi mengumumkan penunjukan Yaqut menggantikan Fachrul Razi sebagai Menteri Agama.

(nma/NMA)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK