Ribuan Pelayat Padati Pemakaman Habib Hasan Assegaf Pasuruan

CNN Indonesia
Senin, 28 Des 2020 15:33 WIB
Ribuan pelayat memadati prosesi pemakaman salah satu tokoh ulama di Pasuruan, Habib Hasan Assegaf, meninggal dunia pada Minggu (27/12). Ilustrasi. (Foto: iStockphoto/dragana991)
Surabaya, CNN Indonesia --

Salah satu tokoh ulama di Pasuruan Jawa Timur, Habib Hasan Bin Muhammad Bin Hud Assegaf atau Habib Hasan Assegafmeninggal dunia, Minggu (27/12). Ribuan orang pun menghadiri prosesi pemakamannya di Masjid Jami Al-Anwar, Alun-alun Kota Pasuruan, Jawa Timur.

Sebagian besar pelayat terpantau mengenakan masker. Meski begitu mereka sulit mengatur dan menjaga jarak. Juru Bicara Tim Satgas Covid-19 Kota Pasuruan, Kokoh Arie Hidayat mengatakan kejadian itu di luar dugaan pihaknya.

"Kejadian seperti kemarin pada pemakaman Habib Hasan memang di luar dugaan kami," kata Kokoh melalui keterangan tertulisnya, Senin (28/12).

Kokoh menjelaskan Habib Hasan adalah tokoh agama Islam yang disegani di Pasuruan. Karena hal itulah para pelayat berbondong-bondong datang untuk bertakziah dan mengikuti prosesi pemakaman.

Pemkot Pasuruan melalui Tim Satgas Covid-19 juga melakukan pengawalan dan mengimbau agar masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan. Namun hal itu sulit dilakukan.

"Seperti terlihat di area alun-alun dan sekitarnya, masyarakat yang hadir sebagian sangat besar telah menggunakan masker, meskipun sulit untuk melakukan jaga jarak," ujar Kokoh.

Kokoh berharap agar tidak terjadi klaster baru dalam pemakaman tokoh besar agama di Kota Pasuruan ini. Meski demikian, pihaknya akan memantau dan siap melakukan tracing jika ditemukan kasus positif.

Salah satu putra Habib Hasan Assegaf, Habib Abdullah bin Hasan mengatakan, sang ayah mulanya mulai mengeluh sakit di lambungnya pada Senin (21/12) pekan lalu.

Saat itu, Habib Hasan pun dibawa ke Rumah Sakit National Hospital, Surabaya. Dari hasil pemeriksaan, diketahui ia mengalami pembengkakan pada ususnya. Dokter lantas menganjurkan Habib Hasan menjalani opname.

"Ternyata ada pembengkakan di bagian usus," ucapnya.

Saat dirawat, kondisinya malah semakin memburuk. Ia lantas dipindahkan ke ICU untuk mendapatkan penanganan yang lebih intensif.

Pada hari Minggu (27/12), sekitar pukul 02.00 WIB, Habib Hasan Assegaf mengembuskan nafas terakhirnya. Ia meninggal dunia dalam usia 64 tahun.

(frd/wis)

[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER