Rabithah Alawiyah, Rumah Para Habib yang Dikunjungi Menag

CNN Indonesia | Selasa, 29/12/2020 11:11 WIB
Rabithah Alawiyah merupakan organisasi yang menaungi keturunan langsung Nabi Muhammad di Indonesia, resmi jadi perkumpulan legal pada 1928. Menteri Agama Yaqut mengunjungi Kantor Pusat Rabithah Alawiyah, Jakarta, Senin (28/12). (Foto: CNN Indonesia/Dhio Faiz)
Jakarta, CNN Indonesia --

Rabithah Alawiyah jadi sorotan usai dikunjungi Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Organisasi ini menaungi para keturunan langsung dari Nabi Muhammad SAW di Indonesia.

Dikutip dari laman resmi Rabithah Alawiyah, organisasi ini berdiri sejak sebelum Indonesia merdeka. Saat itu, namanya masih Perkoempoelan Arrabitatoel-Alawijah.

Ormas ini baru resmi menjadi perkumpulan legal (rechtspersoon) pada 27 Desember 1928. Tuan Besar Hindia Nederland, G.R. Erdbrink memberi persetujuan bagi Perkoempoelan Arrabitatoel-Alawijah berdiri sebagai organisasi resmi.


Sayid Muhamad bin Abdulrahman bin Syahab menjabat sebagai Ketua Rabithah Alawiyah pertama. Sementara jabatan sekretaris dipercayakan kepada Sayid Achmad bin Abdullah Assagaf.

Saat itu, Perkoempoelan Arrabitatoel-Alawijah bermarkas di Tanah Abang, Jakarta Pusat. Mereka punya beberapa cabang antara lain di Surabaya, Bondowoso, Solo, Gresik, Semarang, dan Pekalongan.

Dalam laman resmi mereka, Rabithah Alawiyah adalah organisasi eksklusif bagi orang Hadrami, khususnya keluarga Ba'Alawi atau keturunan Nabi Muhammad SAW di Indonesia.

Beberapa alasan pendirian organisasi ini adalah untuk memajukan bangsa Arab Hadrami, menguatkan tali persaudaraan antara golongan sayyid dan orang Arab Hadrami, serta melaksanakan dan menyebarkan pengajaran agama Islam dan bahasa Arab juga ilmu lainnya.

Saat ini, Rabithah Alawiyah dipimpin oleh Zen bin Smith. Rabithah Aalwiyah bermarkas di Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan. Mereka banyak bergerak di bidang sosial dan pendidikan.

Sebelumnya, Menag Yaqut Cholil Qoumas berkunjung ke Kantor Rabithah Alawiyah Pusat, Jakarta, Senin (28/12). Kunjungan ini merupakan rangkaian safari Yaqut usai dilantik Presiden Joko Widodo pada Rabu (23/12).

"Kami minta doa kepada para habaib supaya lancar. Hanya itu saja," kata Yaqut saat ditemui di Jakarta, Senin (28/12).

(dhf/nma)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK