Panglima Mutasi 75 Pati TNI, Jabatan Wakil KSAD Masih Lowong

CNN Indonesia | Selasa, 29/12/2020 15:50 WIB
Dalam mutasi terbaru TNI, belum ada bakal pengganti Letjen Herindra di posisi Kasum dan pengganti mendiang Herman Asaribab di posisi Wakil KSAD. Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melakukan mutasi jabatan terhadap 75 Perwira Tinggi (Pati) di tiga matra pertahanan.

Mutasi itu dilakukan Hadi berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/1038/XII/2020 tanggal 28 Desember 2020 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

"Ini dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier, serta mengoptimalkan pelaksanaan tugas-tugas TNI yang semakin kompleks dan dinamis," kata Kabidpenpas Puspen TNI Kolonel Laut Edys Riyanto dalam keterangan tertulis, Selasa (29/12).


Rincian dari mutasi 75 perwira itu adalah 26 Pati TNI AD, 18 Pati TNI AL, dan 31 Pati TNI AU.

Namun, dalam mutasi tersebut, Hadi belum menunjuk perwira untuk posisi Kepala Staf Umum TNI dan Wakil Kepala Staf Angkatan Darat.

Untuk diketahui, Kasum TNI sebelumnya, Letjen M Herindra telah dilantik Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menjadi Wakil Menteri Pertahanan. Sementara itu Wakasad sebelumnya yakni Letjen TNI Herman Asaribab meninggal dunia karena sakit pada 14 Desember lalu.

Dalam keterangan terpisah, Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Nefra Firdaus mengatakan telah dilakukan serah terima jabatan di Gedung Mabes TNI AD, Jakarta, Senin lalu.

"Dalam kegiatan itu, KSAD menerima penyerahan jabatan Wakasad," kata Nefra melalui keterangan tertulis, Selasa.

Penyerahan jabatan Wakil Kepala Staf Angkatan Darat itu diserahkan Letnan Jenderal (Purn) TNI Moch Fachrudin yang telah memasuki masa pensiun. Jabatan itu untuk sementara kosong, setelah pengganti Fachruddin yakni Letjen Herman Asaribab meninggal.

Nefra menyebut, rangkaian acara yang digelar kemarin dimulai dengan pemutaran video profil pejabat yang melakukan sertijab dan pejabat yang menyerahkan jabatan kepada Kasad di Videotron Mabes AD.

Kegiatan itu, sambungnya, dilanjutkan dengan dengan prosesi acara sertijab dan penyerahan jabatan serta laporan kenaikan pangkat Perwira Tinggi.

"Dalam kegiatan itu, Kasad juga melepas Ibu Mudi Herman Asaribab istri Almarhum Letjen TNI Herman Asaribab," kata Nefra.

(tst/kid)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK