Destinasi Wisata Lebak Banten Ditutup Hingga 4 Januari 2021

CNN Indonesia | Rabu, 30/12/2020 05:13 WIB
Pemerintah Kabupaten Lebak, Banten menutup seluruh kawasan wisata hingga 4 Januari 2020 untuk mencegah penyebaran pandemi virus corona. Pemerintah Kabupaten Lebak, Banten menutup seluruh kawasan wisata hingga 4 Januari 2020 untuk mencegah penyebaran pandemi virus corona. (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman).
Lebak, CNN Indonesia --

Seluruh kawasan wisata di Kabupaten Lebak, Banten, ditutup hingga 4 Januari 2020, untuk menghindari kerumunan saat libur malam tahun baru. Bahkan, pemandian air panas di Kecamatan Cipanas, yang berbatasan dengan Kabupaten Bogor, kolamnya dikeringkan.

"Ditutup semua wisata, PSBB sampe tanggal 04 Januari 2021. Salah satu contoh pemandian air panas, dikeringin kolamnya juga," kata Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya, melalui pesan elektronik, Selasa (29/12/2020).

Seluruh objek wisata akan dijaga oleh personil TNI, Polri, Satpol PP, Dishub hingga Dinas Kesehatan (Dinkes). Kebijakan itu diambil untuk mencegah penyebaran virus corona.


Iti juga menerangkan kalau kasus positif corona di 'Kota Multatuli' terbilang tinggi, salah satu kecamatan yang menyumbangkan pasien terbanyak ada di Cipanas dan Rangkasbitung.

"(Lokasi wisata) ditungguin sama TNI Polri. Sekarang Lebak 745 positif. Dokter sama perawat juga banyak yang positif," jelasnya.

Sementara, lokasi wisata Negeri Di Atas Awan atau Gunung Luhur yang sempat viral di media sosial (medsos), aksesnya masih sulit dilewati oleh wisatawan.

Usai diterjang banjir bandang dan tanah longsor pada 1 Januari 2020 lalu, lokasi wisata itu masih belum diperbaiki secara permanen. Pasalnya, pemkab terbentur refocusing anggaran untuk penanganan covid-19.

"Akses Gunung Luhur sementara masih pakai jembatan darurat. Untuk di lokasi Gunung Luhur sendiri terdapat pospam, yang akan menghimbau apabila ada masyarakat kesana," jelasnya.

Begitupun pusat 'Kota Lebak', akses menuju Alun-alun Rangkasbitung, ditutup sejak 31 Desember 2020 hingga 01 Januari 2021. Hal itu agar tidak ada masyarakat yang merayakan malam pergantian tahun baru dan mencegah kerumunan massa.

"Untuk seluruh akses menuju alun-alun dan Balong Ranca Lentah ditutup. Oleh karena itu, dilakukan pengalihan arus," ujarnya.

(ynd/sfr)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK