Polri Sebut Posko di Petamburan Kampung Tangguh Covid-19

CNN Indonesia | Sabtu, 02/01/2021 00:59 WIB
Polri menyatakan posko 3 Pilar di dekat maskar FPI di Petamburan, Jakpus, merupakan posko Kampung Tangguh untuk menekan penyebaran virus corona di DKI Jakarta. Polri menyatakan posko 3 Pilar di dekat maskar FPI di Petamburan, Jakpus, merupakan posko Kampung Tangguh untuk menekan penyebaran virus corona di DKI Jakarta. Ilustrasi. (CNN Indonesia/ Damar Iradat).
Jakarta, CNN Indonesia --

Kepolisian Republik Indonesia (Polri) buka suara terkait pendirian posko 3 Pilar di dekat markas Front Pembela Islam (FPI), Petamburan, Jakarta Pusat pada Kamis (31/12) lalu.

Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol. Argo Yuwono menuturkan, posko tersebut merupakan posko Kampung Tangguh yang menjadi program Kapolda Metro Jaya baru, Irjen Pol. Fadil Imran. Program itu bertujuan untuk menekan penyebaran pandemi covid-19 di Ibu Kota.

"Dari Polda Metro Jaya ada namanya program untuk penanggulangan covid-19, itu di Kampung Tangguh itu bagian dari pengembangan Kampung Tangguh," kata Argo di Gedung Bareskrim Polri, Jumat (1/1).


Argo menerangkan, posko tersebut nantinya dijaga oleh sejumlah aparat gabungan dari TNI-Polri untuk memastikan warga setempat mematuhi protokol kesehatan pencegahan virus corona.

Menurutnya, posko tersebut tak hanya didirikan di Petamburan. Posko Kampung Tangguh Covid-19 juga didirikan di sejumlah lokasi lain se-wilayah DKI Jakarta.

"Tidak hanya di situ yang dibuat, jadi semuanya ada beberapa yang dilakukan Kapolda Metro Jaya untuk menurunkan covid itu dengan adanya kampung tangguh," katanya.

Kampung Tangguh adalah program penanganan covid-19 yang sebelumnya sempat diterapkan Imran saat menjabat sebagai Kapolda Jawa Timur. Pendirian posko tersebut diprioritaskan didirikan di desa atau kampung dengan angka peningkatan kasus covid-19 yang signifikan.

"Pembentukannya memang diprioritaskan pada kampung atau desa yang angka penyebaran covid-19 baik pasien positif, PDP (Pasien Dalam Pengawasan) dan ODP (Orang Dalam Pemantauan) masih cukup tinggi," kata Fadil saat masih menjabat Kapolda Jatim seperti dikutip dari situs resmi Pemprov, Rabu 17 Juni lalu.

Kini, posko tersebut didirikan di dekat Markas FPI jalan Petamburan III, Jakpus. Posko itu didirikan usai organisasi pimpinan Rizieq Shihab itu resmi dilarang pemerintah sehari sebelumnya pada Rabu (30/12).

Kami membuat posko 3 pilar di Jalan Petamburan III. Posko ini untuk kita dapat melakukan kegiatan kemasyarakatan di sekitar sini," Kapolsek Tanah Abang Kompol Singgih Hermawan saat ditemui di Jalan Petamburan III, Kamis (31/12).

(thf/sfr)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK