Megawati Jengkel Warga Abaikan Imbauan Jokowi soal Prokes

CNN Indonesia | Kamis, 07/01/2021 17:16 WIB
Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri menilai masyarakat sangat sulit bersikap disiplin demi mencegah penularan virus corona. Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri jengkel dengan masyarakat yang masih tidak mau mematuhi imbauan Presiden Jokowi mengenai protokol kesehatan pencegahan virus corona (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri jengkel dengan masyarakat yang masih tidak mematuhi imbauan Presiden Joko Widodo soal penerapan protokol kesehatan pencegahan virus corona (Covid-19).

Megawati mengatakan bahwa imbauan pemerintah yang perlu dilakukan sederhana, yaitu disiplin memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Namun, Megawati menilai banyak masyarakat yang tidak peduli dan mengabaikan.

"Presidenmu Pak Joko Widodo minta hanya untuk disiplin. Sulit sekali. Sampai harus menurunkan tentara, dan sebagainya. Tidak mengerti saya," kata Mega dalam diskusi daring yang diselenggarakan DPP PDIP, Kamis (7/1).


Megawati mengatakan hal terpenting saat pandemi ini adalah disiplin menjaga kebersihan. Seharusnya, kata dia, semua orang sadar untuk melakukan hal itu.

Mega merasa masyarakat semakin abai, sehingga pemerintah harus turun tangan mengajarkan hal mendasar seperti menjaga kebersihan.

"Aneh kan, tapi masih banyak masyarakat yang tetap mengabaikan hal itu. Coba, bagaimana saya enggak pusing? Pusing saya," tutur Mega.

Presiden kelima RI itu mengajak masyarakat untuk kembali menerapkan protokol kesehatan secara disiplin. Ia juga meminta masyarakat tak selalu menyalahkan pemerintah dalam penanganan pandemi.

"Kalau tidak puas, nanti bilang itu salahnya pemerintah. Lho enak saja. Apa yang kamu rasakan, kalau kena Covid-19 itu berapa uang yang harus dikeluarkan? Ketimbang cuci tangan," ucapnya.

Diketahui, pemerintah senantiasa mengimbau kepada masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan. Tentu guna menekan laju penularan virus corona.

Pemerintah juga mengingatkan bahwa vaksin virus corona bukan langkah pamungkas untuk menghentikan wabah. Masyarakat tetap harus mematuhi protokol jika program vaksinasi sudah dilaksanakan.

(dhf/bmw/bmw)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK