SBY Ungkap 3 Tantangan Bangsa: Pandemi Hingga Kerukunan

CNN Indonesia | Jumat, 08/01/2021 19:02 WIB
Presiden ke-6 RI SBY menyebut 3 tantangan bangsa Indonesia mulai dari pandemi corona, pemulihan ekonomi, hingga kerukunan. Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono mengungkap 3 tantangan bangsa mulai dari pandemi, pemulihan ekonomi, hingga kerukunan. (Foto: CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono atau karib disapa SBY menyebut saat ini ada tiga tantangan dan permasalahan yang mesti dihadapi bangsa Indonesia.

Hal itu disampaikan melalui akun Facebook resmi miliknya, Susilo Bambang Yudhoyono.

Salah satu permasalahan bangsa yakni pandemi covid-19 yang tengah terjadi dan harus segera diselesaikan.


"Pertama, pandemi corona yang harus segera diatasi," kata SBY dilansir dari akun facebook resmi miliknya, Jumat (8/1).

Selain pandemi, persoalan kedua yang masuk daftar SBY dan mesti dihadapi berkaitan dengan pemulihan ekonomi.

Selain dua persoalan yang berkaitan itu, SBY juga menyinggung persoalan ketiga yang tak berkaitan langsung dengan bencana pandemi, yakni kerukunan.

Meski begitu, menurutnya, persoalan ini tak bisa dianggap remeh lantaran berkaitan dengan kerukunan masyarakat yang melemah karena faktor identitas, politik, dan ideologi.

"Permasalahan yang ketiga ini justru lebih mendasar sifatnya dan jika kita abaikan dampaknya akan sangat buruk bagi kehidupan bangsa di masa depan," kata SBY.

Menurutnya, jika permasalahan-permasalahan ini tak diselesaikan dengan baik, maka tak akan ada harmonisasi yang terbentuk di diri bangsa Indonesia.

"Kalau tidak kita atasi dan kelola dengan baik, disharmoni sosial ini akan membuat bangsa kita benar-benar terpecah dan terbelah (divided)," katanya.

Dalam kesempatan itu, SBY mengaku kerap memantau beragam sikap bangsa menghadapi pandemi. Ia tak menampik ada pihak-pihak yang pasrah namun ada pula yang semangat mengubah keadaan.

"Ada yang pesimis, ada pula yang optimis. Ada yang pasrah dan masa bodoh, ada juga yang punya semangat untuk ikut mengubah keadaan ke arah yang lebih baik," kata dia.

Melihat semua kecenderungan itu, SBY mengaku memilih untuk optimistis serta yakin Indonesia masih memiliki jalan untuk sukses dan terbebas dari pandemi.

"Artinya, peluang bagi meredanya badai corona dan pulihnya ekonomi kita memang ada," kata dia.

(tst/psp)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK