BPOM Masuk Tenggat Umumkan Izin Darurat Vaksin Sinovac

CNN Indonesia | Senin, 11/01/2021 06:44 WIB
Vaksinasi covid-19 diketahui dimulai pada Rabu 13 Januari 2021, maka kemungkinan EUA tersebut akan diberikan pada hari ini, Senin (11/1) atau Selasa (12/1). Petugas melakukan bongkar muat vaksin COVID-19 Sinovac saat tiba di gudang vaksin (cold room) milik Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan di Palembang, Senin (4/1/2020). (ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) akan menerbitkan izin penggunaan darurat atau emergency use of authorization (EUA) vaksin covid-19 asal China, Sinovac.

Vaksinasi covid-19 direncanakan akan dimulai pada Rabu, 13 Januari 2021. EUA vaksin Sinovac dikabarkan akan diberikan sebelum tanggal vaksinasi dimulai serentak di sejumlah daerah di Indonesia.

Jika vaksinasi Covid-19 akan dimulai pada Rabu 13 Januari 2021, maka kemungkinan EUA tersebut akan diberikan pada hari ini, Senin (11/1) atau esok, Selasa (12/1).


Hal itu diungkapkan oleh Kepala BPOM Penny K Lukito yang juga optimistis EUA vaksin Sinovac akan dikeluarkan sebelum tanggal 13 Januari.

"Alhamdulillah kami bersyukur karena ada keyakinan yang semakin besar sampai dengan hari ini, sehingga masih bisa dipastikan [EUA] akan keluar sebelum tanggal 13 Januari," kata Kepala BPOM Penny K. Lukito dalam konferensi pers yang disiarkan melalui kanal YouTube Badan POM RI, belum lama ini.

BPOM baru-baru ini juga telah melakukan rapat bersama Tim Komisi Evaluasi untuk menilai vaksin Covid-19 Sinovac pada Minggu, (10/1). Namun belum ada konklusi dari rapat tersebut.

Pada 13 Januari 2021 mendatang, orang yang akan menerima vaksin Covid-19 pertama kali ialah Presiden Joko Widodo bersama jajaran kabinetnya. Setelahnya, vaksinasi Covid-19 akan menyasar para tenaga kesehatan (nakes).

Presiden Jokowi mengatakan ingin memulai vaksinasi Covid-19 secepat-cepatnya setelah EUA diberikan.

"Kita ingin vaksinasi dimulai secepat-cepatnya setelah BPOM menerbitkan izin penggunaan darurat, emergency use of authorization, sesuai dengan kaidah-kaidah akademis dan standar WHO," kata Jokowi saat memberi sambutan pada HUT ke-48 PDI Perjuangan yang digelar virtual, Minggu (10/1).

Jokowi memprediksi izin penggunaan darurat akan terbit pada pekan depan. Namun, ia tidak bisa memastikan kapan izin itu dikeluarkan.

(mln/ain)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK