RK Sebut Baru 75 Persen Warga Jabar Paham Vaksinasi Covid

CNN Indonesia | Selasa, 12/01/2021 05:05 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan masih ada warga di pedalaman yang belum paham vaksinasi virus corona. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan masih ada 25 persen warganya yang belum tahu vaksinasi virus corona (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Bandung, CNN Indonesia --

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan baru 75 persen warganya yang paham mengenai vaksinasi virus corona (Covid-19). Mereka yang belum mengetahui vaksin Covid-19 cenderung tinggal di daerah terpencil.

"Warga yang paham vaksinasi baru 75 persen. Jadi ada 25 persen yang mungkin di daerah terpencil tidak tahu apa itu vaksinasi Covid bagaimana dan sebagainya," ujarnya dalam jumpa pers di Mapolda Jabar, Senin (11/1).

Mantan Wali Kota Bandung itu lalu mengajak semua pihak termasuk media massa untuk ikut berkontribusi melakukan sosialisasi vaksinasi Covid-19. Dia yakin masyarakat membutuhkan informasi yang kontinu mengenai vaksin.


"Tolong juga saya titip sebagai kekuatan kebersamaan tidak hanya memberitakan di breaking news tapi juga mengedukasi juga. Sebagai Ketua Komite kami mohon pada media bantu sosialisasi bahwa vaksinasi itu penting melebihi yang lain-lain," ujarnya.

Terkait pelaksanaan vaksinasi Covid-19, Emil memaparkan ada dua kabar terbaru. Pertama, soal halal atau tidaknya vaksin Covid-19 yang dikeluarkan Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Kedua, lanjut dia, pekan ini vaksinasi mulai diberikan kepada tenaga kesehatan hingga kepala daerah lalu masyarakat.

"Jadi nanti di level provinsi Pak Wakil Gubernur, saya akan dampingi kemudian Pak Kapolda bersama Forkopimda selanjutnya bupati dan wali kota," kata Emil.

"Semata-mata untuk menyertai keyakinan bahwa kita bersama sama untuk melaksanakan kegiatan yang sangat penting sebagai solusi satu-satunya untuk penurunan kasus Covid," sambungnya.

Indonesia menjadwalkan vaksinasi mulai 13 Januari. Presiden Jokowi jadi orang pertama yang akan disuntik vaksin virus corona Sinovac.

(hyg/bmw/bmw)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK