Mahfud MD soal Listyo Calon Tunggal Kapolri: Masih Spekulasi

CNN Indonesia | Selasa, 12/01/2021 11:17 WIB
Menko Polhukam Mahfud MD memastikan hingga kini belum ada nama pasti pengisi kursi Kapolri. Presiden Jokowi kata dia masih mencermati pilihan. Menko Polhukam Mahfud MD memastikan hingga kini belum ada nama pasti pengisi kursi Kapolri. Presiden Jokowi kata dia masih mencermati pilihan. (Foto: CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyatakan saat ini Presiden Joko Widodo masih mempertimbangkan sosok yang tepat untuk menduduki kursi Kapolri menggantikan Idham Azis.

Salah satu sosok yang menjadi pemberitaan media adalah Komjen Listyo Sigit Prabowo. Mantan ajudan Jokowi itu disebut-sebut bakal menjadi calon tunggal Kapolri yang diserahkan Istana ke DPR.

Menurut Mahfud, nama calon Kapolri yang menguat beredar masih sebatas spekulasi. Ia memastikan, hingga kini Presiden Jokowi masih belum mengirim nama calon Kapolri ke DPR.


"Nama calon Kapolri yang beredar di media sekarang masih tebak-tebak buah nangka alias spekulasi. Sampai saat ini Presiden belum mengirim nama calon Kapolri ke DPR," cuit Mahfud lewat akun Twitternya, @mohmafudmd, Selasa (12/1).

"Belum ada yang tahu siapa calon Kapolri kita sebab Presiden masih terus mempertimbangkan secara saksama siapa yang paling tepat untuk jabatan tersebut," imbuh dia lagi.

Mahfud mengatakan cara khas yang sering dilakukan Presiden dalam memilih pejabat adalah meminta dibuatkan 5 draf surat pengusulan yang berisi nama-nama berbeda.

Pada saatnya, presiden akan menandatangani salah satu draf, sementara draf surat yang tidak ditandatangani akan dimusnahkan.

"Jadi tak ada yang tahu kecuali setelah diumumkan secara resmi," kata Mahfud.

Sebelumnya, Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) telah menyerahkan lima nama calon kandidat Kapolri Pengganti Jenderal Idham Azis. Kelimanya merupakan jenderal bintang tiga alias berpangkat komisaris jenderal (komjen).

Mereka yakni Kepala Badan Reserse Kriminal Komjen Listyo Sigit Prabowo, Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono, Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar, Kabaharkam Komjen Agus Andrianto, serta Kalemdikpol Komjen Arief Sulistyanto.

Dari kelima nama tersebut, nama Listyo oleh Politikus PKB Jazilul Fawaid digadang-gadang sebagai sosok yang bakal dipilih Jokowi. Anggota Komisi III DPR RI ini bahkan menyebut Listyo jadi calon tunggal Kapolri yang akan diusulkan Jokowi ke DPR

Infografis Deretan PR Calon Kapolri Pengganti Idham AzisInfografis Deretan PR Calon Kapolri Pengganti Idham Azis. (CNN Indonesia/Timothy Loen)

"InsyaAllah satu nama. Pak Listyo Sigit Prabowo calon kuat dan pantas," ujar Jazilul.

Namun demikian, ia menyatakan hingga kini DPR belum menerima Surat Presiden (Surpres) terkait pergantian calon Kapolri. Jazilul memprediksi Surpres baru akan dikirimkan Presiden Jokowi ke DPR pada Rabu Wage, berdasarkan penanggalan Jawa, atau 13 Januari.

(dmi/nma)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK