Alasan 4 Jenazah Korban SJ 182 Belum Diserahkan ke Keluarga

CNN Indonesia | Rabu, 13/01/2021 13:26 WIB
Polisi menyatakan belum diserahkankan 4 jenazah korban Sriwijaya Air SJ 182 yang sudah diidentifikasi tersebut lantaran permintaan pihak keluarga. Petugas memeriksa kantong jenazah berisi bagian tubuh korban pesawat Sriwijaya Air SJ 182 rute Jakarta - Pontianak yang hilang kontak di perairan Pulau Seribu, di Dermaga JICT, Jakarta, Senin (11/1/2021). (Foto: CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Jenazah 4 korban pesawat Sriwijaya Air bernomor penerbangan SJ 182 yang jatuh di perairan Kepulauan SeribuJakarta pada Sabtu (9/1) dan sudah diidentifikasi, untuk sementara ini masih disimpan polisi.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Mabes Polri Brigjen Rusdi Hartono menjelaskan jenazah yang sudah diidentifikasi itu belum diserahkan lantaran permintaan pihak keluarga.

"Pada prinsipnya tim siap menyerahkan itu semua, tetapi pada sisi lain ada keinginan dari keluarga, tentunya keinginan dari keluarga ini tim menghormati dan menghargai itu," kata Rusdi di RS Polri, Kramat Jati, Rabu (13/1).


Menurut Rusdi, pihak keluarga korban menginginkan bagian-bagian jenazah korban dikumpulkan dan disimpan terlebih dulu selama proses identifikasi dilakukan.

"Karena proses rekonsiliasi masih berjalan, maka dimungkinkan body part body part para korban ini bisa lebih banyak ditemukan. Sehingga keluarga menginginkan yang sudah ditemukan, disimpan dulu, mungkin apabila ada penambahan itu akan menjadi bagian yang ditambahkan," kata Rusdi.

Diketahui, hingga lima hari usai insiden jatuhnya Sriwijaya Air SJ 182, total empat korban sudah berhasil diidentifikasi.

Keempatnya adalah Okky Bisma, terdaftar sebagai flight attendant; Fadly Satrianto, kopilot pesawat; serta dua penumpang bernama Khasanah dan Asy Habul Yamin.

Okky berhasil diidentifikasi pada Senin (11/1), sementara tiga korban lain berhasil diidentifikasi pada Selasa (12/1).

Di sisi lain, RS Polri telah menerima sebanyak 112 sampel DNA dari keluarga korban pesawat Sriwijaya itu.

Total sampel yang diterima itu belum melengkapi sampel untuk 62 korban pesawat Sriwijaya.

"Belum semua keluarga memberikan sampel, kami masih kurang 9 keluarga yang belum sampaikan sampel DNA. Kami harap 9 keluarga menyerahkan sampel," kata Rusdi.

(yoa/nma)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK