21 Tokoh Akan Mulai Vaksinasi Covid-19 di Jakarta Tanpa Anies

CNN Indonesia | Kamis, 14/01/2021 16:43 WIB
Sebanyak 21 tokoh di Jakarta akan mendapatkan suntikan pertama vaksin Covid-19 pada Jumat (15/1) sekitar pukul 08.00 WIB. Petugas melakukan pemeriksaan awal terhadap tenaga kesehatan yang akan menjalani vaksinasi Covid-19 produksi Sinovac di RSUD Pasar Rebo. Jakarta, Kamis, 14 Januari 2021. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebanyak 21 tokoh di Jakarta akan mendapatkan suntikan pertama vaksin Covid-19 pada Jumat (15/1) sekitar pukul 08.00 WIB.

Namun, Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti belum membeberkan siapa tokoh-tokoh yang bakal menerima vaksinasi tersebut.

"Para tokoh-tokoh tadi sebagai role model akan diberikan vaksinasi tanggal 15 Januari hari Jumat sekitar jam 8 pagi ada sekitar 21 orang yang akan berkenan kita lakukan penyuntikan," kata Widyastuti kepada wartawan, Kamis (14/1).


Widyastuti hanya menyebut bahwa para tokoh itu terbagi dalam tiga kelompok. Yakni, pejabat publik, organisasi profesi tenaga kesehatan, dan tokoh masyarakat.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan wakilnya, Ahmad Riza Patria, tidak termasuk dalam sasaran penerima vaksin. Sebab, keduanya pernah dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19.

Widyastuti menuturkan sebenarnya proses vaksinasi di Jakarta sudah dilakukan mulai hari ini kepada para tenaga kesehatan.

Diketahui, total ada 60 ribu tenaga kesehatan (nakes) di Jakarta yang mendapatkan vaksinasi di tahap pertama ini.

"Hari ini beberapa rumah sakit dan teman-teman rumah sakit sudah berikan vaksinasi jadi hari ini sudah dimulai vaksinasi di beberapa RS dan puskesmas di DKI Jakarta," tuturnya.

Dijelaskan Widyastuti, para nakes yang mendapatkan vaksinasi itu sudah lebih dulu mendapatkan pemberitahuan. Selanjutnya, mereka diminta untuk melakukan registrasi ulang lewat aplikasi.

Dari aplikasi itu, mereka bisa memilih lokasi untuk penyuntikan vaksin di fasilitas layanan kesehatan yang telah disiapkan.

Di sisi lain, Widyastuti menuturkan proses distribusi vaksin ke seluruh wilayah Jakarta juga telah dilakukan sejak Rabu (13/1). Diketahui, Jakarta mendapatkan jatah 120.040 dosis vaksin.

Widyastuti memastikan distribusi vaksin itu dilakukan sesuai standar sehingga kualitasnya tetap terjaga.

"Alhamdulillah DKI secara geografi mudah, sehingga kami dengan cepat bisa dalam sehari selesai distribusi sampai dengan puskesmas," ujarnya.

(dis/pmg)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK