DKI Siapkan Puskesmas Hingga RS Swasta untuk Suntik Vaksin

CNN Indonesia | Jumat, 15/01/2021 00:22 WIB
Dinas Kesehatan DKI menyiapkan 488 fasilitas kesehatan mulai dari puskesmas, RSUD, hingga RS swasta untuk vaksin Covid-19. DKI menyiapkan 488 faskes mulai dari puskesmas hingga RS swasta untuk suntik vaksin covid-19. (Foto: CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Dinas Kesehatan DKI Jakarta menyiapkan 488 fasilitas kesehatan (faskes) untuk proses suntik vaksin Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, Widyastuti mengatakan, ratusan faskes itu telah didaftarkan Pcare BPJS Kesehatan sebagai pelaksana vaksinasi COVID-19.

Pcare merupakan aplikasi untuk peserta pengguna faskes tingkat pertama seperti Puskesmas, klinik, dan dokter.


"488 faskes tersebut terdiri dari RSUD, RS Vertikal atau TNI atau Polri, RS Swasta, puskesmas, klinik pemerintah atau swasta yang tersebar di enam kabupaten atau kota," kata Widyastuti kepada wartawan, Kamis (14/1).

Sesuai Permenkes 84 Tahun 2020, kata Widyastuti, vaksinasi Covid-19 mesti dilakukan di fasilitas kesehatan yang sudah memenuhi syarat.

Persyaratan itu antara lain memiliki tenaga kesehatan pelaksana vaksinasi Covid-19, memiliki sarana rantai dingin sesuai dengan jenis vaksin Covid-19 yang digunakan atau sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Terakhir, memiliki izin operasional fasilitas pelayanan kesehatan atau penetapan oleh menteri sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Selain itu, disampaikan Widyastuti, pihaknya juga telah menyiapkan fasilitas untuk penyimpanan vaksin yakni cold room untuk Dinkes, cold chain untuk Sudinkes dan Puskesmas sesuai standar WHO pada suhu 2-8
derajat celcius, terkalibrasi, dan termonitor suhunya.

"Manajemen penyimpanan vaksin juga diterapkan oleh petugas secara ketat, untuk memastikan stabilitas vaksin tetap baik," ucap Widyastuti.

Selain faskes, Dinkes DKI juga telah menyiapkan vaksinator atau petugas vaksinasi sebanyak 1.498 orang. Rinciannya, Jakarta Pusat 231 vaksinator, Jakarta Utara 170 vaksinator, Jakarta Barat 179 vaksinator, Jakarta Selatan 525 vaksinator, Jakarta Timur 369 vaksinator, dan Kepulauan Seribu 24 vaksinator.

"Jumlah vaksinasi atau sasaran per harinya sebanyak 19.741 orang," kata Widyastuti.

Pemprov DKI Jakarta mulai melakukan proses vaksinasi terhadap 60 ribu tenaga kesehatan mulai Kamis (14/1) hari ini.

Sedangkan pada Jumat (15/1) besok, rencananya akan ada 21 tokoh di Jakarta yang mendapat suntikan vaksin Covid-19.

(dis/psp)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK