Tito Karnavian Buka Suara soal Calon Kapolri Listyo Sigit

CNN Indonesia | Senin, 18/01/2021 16:25 WIB
Mantan Kapolri Tito Karnavian menilai Komjen Listyo Sigit sudah memiliki banyak pengalaman di kewilayahan, bidang serse, hingga Kabareskrim. Mendagri Tito Karnavian yang juga mantan Kapolri meyakini Komjen Listyo Sigit bisa merangkul senior-junior di Korps Bhayangkara. (ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meyakini calon Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo mampu merangkul semua polisi, baik yang berstatus senior atau junior.

"Termasuk kemampuan beliau merangkul semua pihak senior-junior, kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik," kata Tito di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (18/1).

Tito menyebut Listyo merupakan sosok yang cocok memegang tongkat kepemimpinan Korps Bhayangkara selanjutnya. Meskipun masih berusia muda, kata Tito, Listyo sudah matang dengan berbagai pengalaman menjadi pemimpin di sejumlah wilayah.


"[Listyo] sudah cukup matang di pengalaman di kewilayahan, di teritorial, pengalaman di staf yang cukup lama, dan juga pengalaman di bidang serse, Kabareskrim, jabatan yang sangat strategis di Polri," kata mantan Kapolri itu.

Berangkat dari itu, Tito mendoakan agar proses yang akan dijalani Listyo untuk menjadi Kapolri dapat berjalan lancar. Pensiunan jenderal bintang empat itu berharap Listyo bisa mengemban amanah sebagai Kapolri nantinya dengan baik.

Listyo diketahui masih tergolong muda. Ia merupakan lulusan Akpol 1991. Jenderal bintang tiga itu akan menggantikan Jenderal Idham Azis yang merupakan lulusan Akpol 1988.

Dengan demikian, mantan ajudan Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu bakal melompati dua angkatan, yakni jebolan Akpol 1989 dan 1990.

Listyo resmi diusulkan Jokowi menjadi calon Kapolri pengganti Idham Azis ke DPR pada Rabu (13/1) lalu. Komisi III DPR menjadwalkan uji kelayakan dan kepatutan Listyo sebagai calon Kapolri akan digelar Rabu (20/1).

(mts/fra)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK