Kalsel Direndam Banjir, Megawati Kritik Kepedulian Lingkungan

CNN Indonesia | Senin, 18/01/2021 16:38 WIB
Mega menilai banyak pihak menganggap bencana alam hanya sebagai pemberian Tuhan. Padahal seharusnya bencana dijadikan pelajaran untuk memperbaiki lingkungan. Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menyebut berbagai bencana alam yang terjadi di Indonesia di awal 2021 disebabkan masyarakat Indonesia mengabaikan lingkungan.

Mega mengatakan bencana alam bisa dicegah jika semua pihak sadar lingkungan. Ia menyayangkan banyak pihak tidak peduli terhadap persoalan lingkungan.

"Sebenarnya kalau kita tidak reaktif, tidak reaktif, maka sebenarnya bencana yang kemarin terjadi di Sulawesi Barat, lalu di Kalimantan Selatan karena banjir bandang, sebenarnya bisa di-minimize (diperkecil)," kata Mega pada rapat DPP PDIP secara daring, Senin (18/1).


Mega menilai banyak pihak menganggap bencana alam hanya sebagai pemberian Tuhan. Padahal seharusnya bencana dijadikan pelajaran untuk memperbaiki lingkungan.

"Berpikirnya itu bencana datang dari Gusti Allah. Tentu iya, saya sangat mengerti, tapi manusia berusaha untuk menghindari hal tersebut," ucap Presiden kelima RI itu.

Dalam kesempatan itu, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto juga menyoroti berbagai bencana yang melanda Indonesia. Ia menyebut kerusakan lingkungan jadi faktor utama.

"Bencana lingkungan bagaimana Kalimantan Selatan akibat penebangan dan penambangan. Kita lihat kerusakan lingkungan sangat parah sehingga kemudian banjir bandang," ujar Hasto.

Sebelumnya, sejumlah bencana alam melanda Indonesia di awal 2021. Pada 9 Januari, longsor terjadi di Sumedang, Jawa Barat. Sebanyak 32 korban meninggal dunia dan 8 orang hilang hingga Minggu (17/1).

Kemudian, banjir bandang menghantam Kalimantan Selatan pada 12 Januari. Banjir itu menenggelamkan 27.111 rumah di 10 kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Selatan. Setidaknya 112.709 orang harus mengungsi.

Selain itu, ada gempa bumi yang mengguncang Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat. Kejadian itu berlangsung pada Kamis (14/1) dan Jumat (15/1) dini hari.

(mts/ain)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK