Anies Lantik Sekda Marullah, Minta Prioritaskan Tangani Covid

CNN Indonesia | Senin, 18/01/2021 19:37 WIB
Sekda DKI Marullah mematuhi pesan Anies dengan menjadikan penanganan pandemi Covid-19 sebagai salah satu prioritasnya. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Courtesy of Pemprov DKI Jakarta)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmi melantik Marullah Matali sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta, Senin (18/1). Marullah mengisi posisi Sekda setelah Saefullah wafat akibat terinfeksi virus corona (Covid-19) beberapa waktu lalu.

Dalam prosesi pelantikan, Senin (18/1) Anies meminta Marullah untuk bekerja dengan maksimal, terlebih saat ini Jakarta tengah dilanda pandemi virus corona (Covid-19).

"Kepada Sekda yang baru dilantik, kita masih dihadapkan dengan situasi krisis kesehatan karena Covid-19. Pemprov DKI juga harus bisa mengembalikan kondisi kesehatan-perekonomian yang melemah agar kondisi sosial warga Jakarta bisa berjalan dinamis pada hari-hari ke depan," kata Anies dalam keterangan tertulisnya, Senin (18/1).


Anies juga meminta agar Sekda Marullah dapat memastikan koordinasi lintas lembaga pemerintahan di Jakarta berjalan dengan baik. Ia juga meminta agar Marullah tetap mengejar target pembangunan yang sudah tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan Kegiatan Strategis Daerah (KSD).

"Terkait dengan pembangunan harus dijalankan dengan sebaik-baiknya dan dalam tempo sesuai dengan rencana, di sisi lain harus membangun suasana kerja suasana yang kolaboratif," ujarnya.

Usai pelantikan, Marullah mengaku siap menjalankan pesan-pesan Anies tersebut. Marullah mengatakan, penanganan pandemi Covid-19 menjadi salah satu prioritasnya.

Marullah mengatakan, salah satu yang menjadi fokusnya yakni program vaksinasi virus corona yang sudah mulai berjalan.

"Tentu kita akan memaksimalkan penanganannya, terutama terkait vaksin. Jakarta sudah mulai, mudah-mudahan dengan dukungan masyarakat yang baik akan meminimalisir perlahan-lahan (kasus Covid-19)," ujar Marullah.

Sebagai ASN di lingkungan Pemprov DKI, Marullah diketahui pernah mengemban sejumlah jabatan. Di antaranya Kepala Sekretariat Dinas Sosial DKI Jakarta, Kepala Biro Pendidikan dan Mental DKI Jakarta, lalu Asisten Deputi Gubernur Provinsi DKI Jakarta Bidang Pariwisata.

Kemudian Marullah juga pernah menjabat sebagai Asisten Deputi Gubernur Provinsi DKI Jakarta Bidang Pengendalian Kependudukan, dan terakhir sebelum menjabat sebagai Sekda Marullah menduduki jabatan Wali Kota Jakarta Selatan.

(dmi/ain)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK