Usai Kalsel, Jokowi ke Sulbar Kunjungi Korban Gempa Mamuju

CNN Indonesia | Selasa, 19/01/2021 07:46 WIB
Usai meninjau korban banjir di Kalsel, Presiden Jokowi bakal mengunjungi korban gempa di Mamuju, Sulawesi Barat. Usai meninjau korban banjir di Kalimantan Selatan, Presiden Jokowi akan menuju ke Mamuju, Sulawesi Barat untuk mengunjungi para korban gempa (Kris - Biro Setpres)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo direncanakan menuju ke Provinsi Sulawesi Barat pada hari ini, Selasa (19/1). Jokowi akan mengunjungi masyarakat Mamuju yang menjadi korban gempa.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menyampaikan Jokowi akan mengunjungi pengungsian. Ia juga akan meninjau kerusakan akibat gempa.

"Meninjau tempat pengungsi dan melihat situasi terkini sehingga sarana-prasarana akan segera dipulihkan oleh Kementerian PUPR," kata Heru kepada CNNIndonesia.com, Selasa (19/1).


Menurut informasi yang dihimpun, Jokowi berangkat dari Jakarta pukul 07.30 WIB. Rombongan kepresidenan akan terbang ke Mamuju dari Pangkalan TNI AU Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur.

Sebelumnya, Sulawesi Barat diguncang gempa bumi pada Jumat (15/1) dan Sabtu (16/1). Gempa susulan dengan kekuatan magnitudo 4,2 masih terus terjadi hingga Senin (18/1).

Gempa mengakibatkan 679 orang luka ringan, 253 orang luka berat, dan 84 orang meninggal dunia. Sementara itu, 19.435 orang terpaksa mengungsi.

Lawatan ke Mamuju jadi kunjungan kedua Jokowi ke lokasi bencana pada 2021. Pada Senin (18/1), Jokowi mengunjungi korban banjir di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

Dalam kunjungan itu, rombongan kepresidenan menerjang banjir yang masih terjadi di sebagian wilayah. Jokowi mengunjungi korban dan mengecek infrastruktur terdampak.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga mengeluarkan tiga perintah usai kunjungan ke Banjar. Salah satunya, ia meminta Kementerian PUPR memperbaiki Jembatan Mataraman yang putus saat banjir.

(dhf/bmw/bmw)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK