Unpad Ganti Seragam Satpam Jadi Coklat, Tetapkan Pam Swakarsa

CNN Indonesia | Rabu, 20/01/2021 00:20 WIB
Unpad mulai mengubah seragam satpam menjadi cokelat bak seragam polisi sejak awal 2021 untuk menyesuaikan Perkap tentang Pam Swakarsa. Ilustrasi Satuan Pengamanan. (Foto: ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)
Jakarta, CNN Indonesia --

Universitas Padjadjaran (Unpad) mengubah seragam satuan pengamanan (satpam) menjadi cokelat layaknya seragam kepolisian mulai Januari 2021.

Kepala Pusat Keselamatan, Keamanan, dan Ketertiban Lingkungan (K3L) Unpad Teguh Husodo mengatakan kebijakan ini menyesuaikan Peraturan Kapolri Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa (Pam Swakarsa).

"Kebijakan ini juga sekaligus menetapkan tentang tata aturan untuk organisasi Pam Swakarsa Satpam," kata Teguh dalam keterangan tertulis di situs resmi Unpad, Selasa (19/1).


Teguh menjelaskan seragam yang kini berwarna cokelat adalah Pakaian Dinas Harian (PDH), Pakaian Dinas Lapangan Khusus (PDL Sus), Pakaian Dinas Lapangan Satu (PDL Satu). Seragam-seragam itu dipadukan dengan topi baru yang juga menyerupai topi kepolisian.

Selain mengubah seragam satpam, Unpad juga menerapkan sistem pangkat. Satpam akan terbagi dalam tiga golongan, yaitu manajer, supervisor, dan pelaksana. Setiap golongan terbagi lagi dalam tiga jenjang.

"Untuk menduduki golongan tersebut, harus mengikuti pelatihan," ucap Teguh.

Pada 2021, Unpad memilik 320 orang satpam. Jumlah itu tersebar di Kampus Bandung sebanyak 76 orang, Kampus PSDKU Pangandaran 10 orang, serta Kampus Jatinangor dan Arjasari sebanyak 234 orang.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Idham Azis menerbitkan Perkap 4/2020 soal Pam Swakarsa. PAM Swakarsa itu dapat terdiri dari Satpam, Satkamling, atau pasukan pengaman yang berasal dari pranata sosial tertentu.

Aturan itu menyebut Pam Swakarsa sebagai suatu bentuk pengamanan oleh pengemban fungsi kepolisian yang diadakan atas kemauan, kesadaran, dan kepentingan masyarakat sendiri yang kemudian memperoleh pengukuhan dari institusi Polri.

Kebijakan itu menuai kritik dari kalangan masyarakat sipil. Sebab Pam Swakarsa dikenal sebagai ormas bentukan TNI untuk menghalau aksi mahasiswa pada 1998.

"Hadirnya kembali istilah dan fungsi 'Pam Swakarsa' menunjukkan ada niat untuk mengembalikan situasi ke masa lalu karena dilegitimasi dengan kebijakan," kata Rivanlee Anandar, peneliti Kontras, kepada CNNIndonesia.com, 15 September 2020.

(dhf/arh)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK