Puting Beliung Terjang Wonogiri, Warga Panik Angin Berputar

CNN Indonesia | Rabu, 20/01/2021 17:33 WIB
Puting beliung terjadi di Wonogiri, Jawa Tengah, sekitar pukul 15.30 WIB, Rabu (20/1). Ilustrasi, puting beliung. (CNN Indonesia TV)
Jakarta, CNN Indonesia --

Peristiwa puting beliung membuat sejumlah kepanikan warga di sejumlah wilayah di Wonogiri, Jawa Tengah, Rabu (20/1) sore. Sejumlah informasi yang dihimpun, puting beliung terjadi sekitar pukul 15.30 WIB di sekitaran Waduk Gajah Mungkur.

"(puting beliung) Sekitar jam 15.30 WIB, tapi ini baru didata ini. Tidak sampai ke daratan. Cuma di perairan Waduk Mungkur saja," ujar salah satu staff BPBD Wonogiri, Joko saat dikonfirmasi, Rabu (20/1).

Dari sejumlah video yang beredar melalui pesan Whatsapp, terlihat kepanikan warga melihat fenomena puting beliung yang cukup besar tersebut.


"Ya Allah, astaghfirullah," salah satu bunyi kepanikan warga tersebut.

Sejumlah linimasa di Twitter juga membagikan tangkapan video puting beliung tersebut. Akun @penyairbahagia menyebut puting beliung terpantau jelas dari sekitaran Waduk Gajah Mungkur.

Angin Puting beliung adalah angin yang berputar dengan kecepatan lebih dari 63 km/jam yang bergerak secara garis lurus dengan lama kejadian maksimum 5 menit. Orang awam menyebut angin puting beliung adalah angin Leysus, di daerah Sumatera disebut Angin Bohorok dan masih ada sebutan lainnya.

Angin jenis lain dengan ukuran lebih besar yang ada di Amerika yaitu Tornado mempunyai kecepatan sampai 320 km/jam dan berdiameter 500 meter. Angin puting beliung sering terjadi pada siang hari atau sore hari pada musim pancaroba. Angin ini dapat menghancurkan apa saja yang diterjangnya, karena dengan pusarannya benda yang terlewati terangkat dan terlempar.



(mjo/ain)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK