Zona Merah Covid-19 Naik Drastis, 52 Daerah di Jawa dan Bali

CNN Indonesia | Kamis, 21/01/2021 19:52 WIB
Tren perkembangan zonasi risiko di Pulau Jawa dan Bali sempat mengalami penurunan zona merah, namun kini naik drastis. Zona merah Covid-19 paling banyak berada di Pulau Jawa dan Bali, yakni 52 kabupaten/kota. Ilustrasi (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan kabupaten/kota yang berstatus zona merah atau berisiko tinggi penularan virus corona meningkat drastis. Saat ini terdapat 108 daerah zona merah Covid-19.

"Angka ini adalah angka yang terbesar. Sama saat peta zonasi risiko pertama kali digunakan," kata Wiku melalui siaran langsung YouTube BNPB Indonesia, Kamis (21/1).

Wiku mengatakan 52 kabupaten/kota yang berada di zona merah berada di Jawa dan Bali. Angka tersebut meningkat drastis dalam kurun waktu empat minggu ke belakang.


"Ini berarti hampir setengah dari zona merah di Indonesia berasal dari kabupaten/kota di Jawa dan Bali," ujarnya.

Menurut Wiku, tren perkembangan zonasi risiko di Pulau Jawa dan Bali sempat mengalami penurunan zona merah pada 3 Januari menjadi 32 kabupaten/kota dari 41 kabupaten/kota.

Sementara itu, Wiku mengatakan 18 kabupaten/kota yang berada di zona merah mulai menunjukkan perkembangan mendekati zona oranye. Ia meminta pemerintah daerah setempat berupaya mendorong penekanan wabah dengan maksimal.

Ia menjelaskan zonasi risiko ditentukan berdasarkan skor yang dinilai dari berbagai aspek. Zona merah umumnya ditandai dengan skor dibawah 1,81. Sementara 18 kabupaten/kota itu sudah mendekati batas skor tersebut.

Kabupaten/kota tersebut meliputi, Bandar Lampung, Lampung; Tangerang Selatan, Banten; Jakarta Timur, DKI Jakarta; Tasikmalaya dan Bandung Barat, Jawa Barat; Kebumen dan Banyumas, Jawa Tengah, dan Gunung Kidul, D.I.Yogyakarta.

Kemudian Mojokerto, Jawa Timur; Bima, Nusa Tenggara Barat; Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur; Barito Timur, Kalimantan Tengah; Berau, Kalimantan Timur; Kotamobagu, Manado; Mongondow Timur, Sulawesi Utara; Bau Bau, Sulawesi Tenggara; dan Jayapura, Papua.

Mengutip situs covid19.go.id, terdapat 347 kabupaten/kota yang saat ini berada di zona oranye. Kemudian 45 kabupaten/kota zona kuning, 10 kabupaten/kota zona hijau, dan 4 kabupaten/kota tidak terdampak.

Sebelumnya, kasus Covid-19 di Indonesia hari ini mencapai 951.651 kasus dengan tambahan pasien terkonfirmasi positif harian hingga 11.703 orang. Angka tersebut mengantarkan Indonesia menjadi negara ke-19 dengan kasus terbanyak di dunia.

Pemerintah pun kembali memperpanjang penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Pulau Jawa-Bali selama dua pekan, mulai 26 Januari hingga 8 Februari 2021. Pelaksanaan PPKM di 77 kabupaten/kota di Jawa-Bali.

Penerapan pembatasan sebagaimana PPKM Jawa-Bali jilid pertama ini seperti pembatasan yang diterapkan adalah belajar di rumah untuk para peserta didik, 75 persen karyawan perkantoran wajib kerja di rumah, dan pusat perbelanjaan hanya boleh buka hingga 20.00 WIB.

(fey/fra)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK