Risma Kembali Pekerjakan Tunawisma di BUMN Waskita Karya

CNN Indonesia | Jumat, 22/01/2021 09:27 WIB
Ada 15 tunawisma yang diberi pekerjaan di PT Waskita Karya oleh Mensos Tri Rismaharini. Mensos Tri Rismaharini kembali mempekerjakan tunawisma di perusahaan BUMN. Kini 15 tunawisma dipekerjakan di PT Waskita Karya (ANTARA FOTO/Rosa Panggabean)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Sosial Tri Rismaharini memberikan pekerjaan 15 orang tunawisma di perusahaan BUMN PT. Waskita Karya. Dia bahkan mengantarkan para tunawisma ke tempat kerjanya, yakni di lokasi proyek Tol Becakayu, Bekasi, Jawa Barat pada Kamis kemarin (21/1).

Sebelumnya, Risma juga memberikan pekerjaan kepada lima tunawisma di anak perusahaan BUMN PT PP Properti Tbk di Grand Kamala Lagoon, Bekasi.

Mantan Wali Kota Surabaya itu mengatakan para tunawisma akan diberikan pekerjaan yang sesuai dengan keterampilan yang dikuasai untuk bekerja di perusahaan plat merah tersebut.


"Saya bertanya pendapatan mereka, (kata mereka) Rp30 ribu dan itu kadang untuk berdua. Kita bayangkan, bagaimana mereka bisa sewa rumah, mengontrak, apalagi membeli," kata Risma dalam keterangan resmi yang terima CNNIndonesia.com, Jumat (22/1).

Risma menekankan bahwa pembinaan para tunawisma binaan Kemensos sampai penempatan ke dunia kerja tidak hanya dilakukan balai milik Kemensos di Bekasi atau Jakarta, tetapi juga di balai-balai milik Kemensos seluruh Indonesia.

Tunawisma dan Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) akan lebih diperhatikan. PPKS sendiri terdiri dari anak terlantar, anak jalanan, lanjut usia terlantar, penyandang disabilitas, pengemis, pemulung, korban tindak kekerasan, fakir miskin, dan lain sebagainya.

"Nantinya juga akan ada pekerjaan untuk mereka di Waskita Karya di seluruh Indonesia, tidak hanya di sini [Bekasi]," ujar Risma

Ia yakin para tunawisma akan mendapatkan pemasukan maupun kehidupan yang lebih baik dengan mendapat pekerjaan rutin di PT Waskita Karya.

Sejauh ini, Kemensos mencatat masih ada 12 orang tunawisma lagi yang siap bekerja. Risma berharap mereka tidak tertarik ke Jakarta untuk mencari pekerjaan.

"Sehingga, beban ibu kota lebih ringan," kata Risma.

Di tempat yang sama, Direktur Utama PT Waskita Karya Destiawan Soewardjono mengaku punya banyak proyek yang bisa menampung para tunawisma selama proyek masih terus berjalan.

"Kami juga akan menyiapkan tempat bagi mereka," kata dia.

(rzr/bmw/bmw)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK