Zona Merah Naik, Pemerintah Diminta Perbaiki Penerapan PPKM

mts, CNN Indonesia | Jumat, 22/01/2021 14:11 WIB
Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin meminta penerapan PPKM diperbaiki karena zona merah covid masih terus bertambah. Pemerintah diminta memperbaiki penerapan PPKM seiring jumlah zona merah covid yang melonjak. (Foto: ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA)
Jakarta, CNN Indonesia --

Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin meminta pemerintah pusat dan daerah lebih serius mengimplementasikan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Pasalnya, jumlah daerah yang masuk kategori zona merah penyebaran virus corona (Covid-19) saat ini meningkat dari 70 menjadi 108 daerah.

"Mendorong keseriusan pemerintah pusat, pemda, dan Satgas Penanganan Covid-19 dalam mengimplementasikan PPKM," kata Azis dalam keterangan pers, Jumat (22/1).


Dia menyatakan, peningkatan angka penyebaran Covid-19 menunjukkan bahwa pemberlakuan PPKM harus diperbaiki, khususnya di daerah zona merah.

Waketum Partai Golkar itu meminta jajaran pemda yang berada di zona merah memperketat dan mengawasi seluruh kegiatan masyarakat sebagaimana yang tercantum dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19.

Azis berkata, jajaran pemda juga harus meningkatkan dan memastikan strategi testing, tracing, dan treatment (3T) berjalan dengan baik di wilayahnya masing-masing.

Menurutnya, tiga hal tersebut penting untuk mengetahui masyarakat yang terpapar, meningkatkan angka kesembuhan, serta meminimalisasi angka kematian dan kasus aktif di daerah.

Di sisi lain, Azis meminta polisi, tentara, dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) menggelar operasi yustisi protokol kesehatan Covid-19. Namun, ia berharap teguran lebih dikedepankan dalam operasi tersebut dibandingkan pemberian sanksi.

"Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menerapkan prokes saat beraktivitas dan melindungi diri serta keluarga dalam memutus mata rantai penyebaran Covid 19," kata Azis.

Sebelumnya, Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan kabupaten/kota yang berstatus zona merah atau berisiko tinggi penularan virus corona meningkat drastis.

Saat ini terdapat 108 daerah zona merah Covid-19. Sebanyak 52 kabupaten/kota zona merah berada di Jawa dan Bali.

"Angka ini adalah angka yang terbesar. Sama saat peta zonasi risiko pertama kali digunakan," kata Wiku.

Untuk diketahui, pemerintah resmi memperpanjang PPKM selama dua pekan mulai 25 Januari hingga 8 Februari 2021. Ketua KPC-PEN Airlangga Hartarto mengatakan perpanjangan dilakukan usai evaluasi penerapan PPKM sejak 11 Januari.

Terhitung sejak PPKM diterapkan pada 11 Januari-20 Januari 2021 terakumulasi sebanyak 111.922 kasus positif. Rata-rata penambahan dalam sehari berjumlah 11.192 kasus.

(psp)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK