Polri: PAM Swakarsa Terbentuk Atas Keinginan Masyarakat

CNN Indonesia | Jumat, 22/01/2021 23:42 WIB
Polri menyatakan PAM Swakarsa terbentuk atas kemauan masyarakat sendiri yang kemudian dikukuhkan secara resmi oleh institusi Polri. Kabareskrim Polri yang juga calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo bersiap mengikuti Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Kapolri di ruang Komisi III DPR, Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (20/1/2021). (ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA)
Jakarta, CNN Indonesia --

Mabes Polri mengklaim pembentukan pengamanan swakarsa (PAM Swakarsa) dilakukan untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat.

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan menuturkan bahwa PAM Swakarsa terbentuk atas kemauan masyarakat sendiri. Hanya saja, nanti akan dikukuhkan secara resmi oleh institusi Polri.

"Pengamanan Swakarsa terbentuk atas kemauan dan kesadaran sendiri dari kepentingan masyarakat untuk kehadiran fungsi kepolisian agar lingkungannya aman," kata Ramadhan kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (22/1).


Ramadhan menuturkan bahwa konsep pembentukan PAM Swakarsa pun sebenarnya telah diatur dalam Undang-undang nomor 2 tahun 2002 tentang Kepolisian Republik Indonesia.

Kemudian, kata dia, payung hukum tersebut dituangkan dalam Peraturan Kapolri nomor 4 Tahun 2002 tentang Pengamanan Swakarsa.

Aturan tersebut, kata dia, dengan jelas menuliskan bahwa perekrutan PAM Swakarsa melalui badan usaha berfokus pada pengamanan. Nantinya akan ada seleksi oleh unit Binmas masing-masing markas kepolisian daerah dan dilanjutkan dengan laporan kepada Mabes Polri.

"Dalam Perkap tersebut diatur beberapa aspek, (yakni) satpam, satkamling, hingga perizinan yang dikeluarkan oleh Polri," jelas Ramadhan.

Calon Kapolri Komisaris Jenderal Listyo Sigit menjanjikan bakal menghidupkan kembali pasukan PAM Swakarsa saat mengikuti uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III DPR RI, Rabu (20/11) kemarin.

Listyo menyebut PAM Swakarsa ini akan terintegrasi dengan perkembangan teknologi informasi dan anggota Polri.

Janji itu lantas mendapat kritik dari sejumlah pihak. Pasalnya, sejak Perkap terkait PAM Swakarsa terbit tahun lalu, banyak yang menilai bahwa Polri akan memiliki kewenangan lebih dalam mengatur keamanan di tengah masyarakat. Belum lagi, efek traumatis dari sebutan pasukan tersebut di masa lalu yang masih membekas.

PAM Swakarsa dahulu dikenal sebagai kelompok sipil yang dipersenjatai dan ditujukan untuk pengamanan Sidang Istimewa di MPR/DPR RI pada 1998 lalu.

Kelompok itu diminta untuk menyerang mahasiswa dan masyarakat yang melakukan aksi di Gedung MPR/DPR. PAM Swakarsa ketika itu disebut-sebut dibentuk oleh Jenderal (Purn) Wiranto yang menjabat Menhankam/Pangab.

(mjo/ain)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK