43 dari 45 Penghuni Panti Asuhan di Depok Terpapar Covid-19

CNN Indonesia | Jumat, 22/01/2021 18:33 WIB
Sebanyak 43 penghuni panti asuhan di Depok isolasi mandiri di lokasi, sementara dua orang lainnya yang negatif covid diungsikan ke sebuah apartemen. Ilustrasi virus corona. (iStockphoto/oonal)
Jakarta, CNN Indonesia --

Panti asuhan St. Fransiskus Asisi di Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat diisolasi setelah 43 dari 45 penghuninya dinyatakan positif Covid-19.

Kejadian bermula saat salah satu orang pengasuh positif Covid-19. Pemkot Depok langsung turun tangan dengan mengadakan tes swab antigen kepada seluruh penghuni panti asuhan.

"Dari 45 orang, ada 43 positif. Anak panti asuhannya 38 orang, pengasuhnya 5 orang. Sementara infonya tanpa gejala," kata Camat Pancoran Mas Utang Wardaya kepada CNNIndonesia.com, Jumat (22/1).


Utang menyampaikan panti asuhan itu diisolasi selama 14 hari ke depan. Pemkot tidak memindahkan para penghuni karena fasilitas isolasi di Depok sudah penuh.

Pemkot memilih memindahkan 2 orang yang negatif Covid-19. Mereka ditempatkan di sebuah apartemen untuk sementara waktu.

"Karena kalau diisolasi tanpa gejala di Makara UI sudah penuh. Untuk 40 orang enggak cukup," ujarnya.

Selama isolasi, Pemkot Depok akan menjamin kebutuhan para penghuni. Dinas Sosial Kota Depok telah mengirim bantuan sembako untuk keperluan satu minggu.

Selain itu, Pemkot Depok juga menerjunkan Pemadam Kebakaran untuk menyemprot disinfektan. Pemkot juga menugaskan petugas medis untuk memantau kondisi para penghuni.

"Ada yang monitor untuk protokol kesehatannya, dari Puskesmas," ucap Utang.

Hingga Jumat (22/1), Depok mencatat 23.729 kasus positif Covid-19. Sebanyak 4.693 orang masih positif Covid-19, 18.508 orang telah sembuh, dan 528 orang meninggal dunia.

(dhf/ain)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK