Gempa Magnitudo 5,1 Kembali Guncang Kepulauan Talaud Sulut

CNN Indonesia | Jumat, 22/01/2021 18:38 WIB
Gempa bumi bermagnitudo 5,1 kembali mengguncang Kepulauan Talaud. Tapi menurut BMKG, aktivitas ini tak berpotensi tsunami. Ilustrasi. Gempa guncang Kepulauan Talaud. Foto: Istockphoto/ Doguhakan)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gempa bermagnitudo 5,1 kembali mengguncang Kepulauan TalaudSulawesi Utara pada Jumat (22/1).

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan gempa terjadi sekitar pukul 17.45 WIB yang berpusat di 124 km timur laut Melonguane.

Namun begitu petugas BMKG melalui akun resminya di Twitter menyatakan gempa di kedalaman 67 kilometer tersebut tidak berpotensi tsunami.


Hingga kini belum ada rekapan data dari tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) ataupun pemerintah setempat mengenai dampak gempa.

Sebelumnya, pada Kamis (21/1) malam Kepulauan Talaud sempat digoncang gempa magnitudo 7,0. Gempa ini juga berpusat dari titik yang serupa yakni timur laut Melonguane, Sulawesi Utara.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan terjadi kerusakan bangunan di dua kecamatan imbas gempa magnitudo 7,0 di Sulawesi Utara pada Kamis (21/1) tersebut.

Hingga Kamis malam pukul 21.44 WITA, tercatat dampak gempa berupa kerusakan bangunan dengan kategori ringan hingga sedang. Kerusakan teridentifikasi di Desa Bantik, Kecamatan Beo, berupa dinding belakang rumah roboh.

(nma/NMA)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK