Longsor di Perumahan Pesona Jati Asri Bekasi Usai Hujan Deras

CNN Indonesia | Minggu, 24/01/2021 14:24 WIB
BPBD Kota Bekasi menyatakan tak ada korban jiwa akibat longsor di perumahan Pesona Jati Bekasi. Longsor juga tak membuat aktivitas maupun akses jalan terputus. Ilustrasi longsor di perumahan. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia --

Hujan deras menyebabkan longsor di Perumahan Pesona Jati Asri, Jatikramat, Jatiasih, Kota Bekasi Minggu (24/1). Longsor terjadi karena tanah di perumahan tersebut dalam kondisi labil.

Longsor tersebut juga membuat material tanggul tanah menimbun sebagian lahan warga perumahan tersebut.

"Terjadi longsor di Perumahan Pesona Jati Asri, Kelurahan Jatikramat, Kecamatan Jatiasih," kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Bekasi Agus Harpa dalam keterangannya kepada CNNIndonesia.com, Minggu (24/1).


Agus mengatakan tak ada korban jiwa akibat longsor tersebut. Longsor juga tak membuat aktivitas maupun akses jalan perumahan warga terputus, termasuk tak ada warga yang mengungsi akibat longsor tersebut.

Sementara itu, BPBD Kota Bekasi juga mencatat enam kecamatan terendam banjir usai hujan yang turun merata di Kota Bekasi sejak Minggu (24/1) pagi.

Sebanyak enam kecamatan masing-masing yakni, Kecamatan Rawalumbu, Pondok Gede, Medan Satria, Jatiasih, Bekasi Selatan, dan Bekasi Barat. Genangan air di sejumlah titik di enam kecamatan tersebut bervariasi antara 50-60 sentimeter.

Di Kecamatan Pondok Gede, hujan merendam lima titik, masing-masing yakni, di Kelurahan Jati Bening dengan ketinggian 60 sentimeter dan Kelurahan Jati Cempaka 30-40 sentimeter. Ketinggian bahkan mencapai 1,2 meter di Perumahan Jatibening Permai.

"Komplek Jati Bening 1 Kelurahan Jati Bening ketinggian kurang lebih 60 cm, Perumahan Jatibening Permai terpantau genangan 120 sentimeter," kata Agus.

Banjir juga merendam dua titik di Kecamatan Bekasi Barat hingga ketinggian 60 sentimer, termasuk di jalan Kali Malang bawah fly over kota Bintang Kelurahan Jaka Sampurna, Jalan Bintara Jaya, dan Pondok Cipta.

Sementara, Ketinggian Muka Air menyentuh 90 sentimeter di TMA Kali Cakung yang melintasi perumahan Duta Kranji.

(thr/fra)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK