Keterisian RS Covid-19 di Karawang Capai 75 Persen

CNN Indonesia | Selasa, 26/01/2021 02:20 WIB
Tingkat keterisian tempat tidur pasien Covid-19 di rumah sakit di Kabupaten Karawang menurut catatan Dinas Kesehatan mencapai 75 persen. Ilustrasi. Petugas Kesehatan Petugas kesehatan berjaga di ruang isolasi hijau Rumah Sakit darurat Covid-19. (Foto: ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tingkat keterisian tempat tidur di ruang isolasi pasien Covid-19 di rumah sakit di Kabupaten Karawang, Jawa Barat tembus 75 persen.

Kendati masih di atas ambang batas Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menetapkan angka 60 persen tingkat keterisian tempat tidur RS (Bed Occupancy Ratio), Pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang Nanik Jodjana menyatakan persentase itu cenderung turun.

Ia mengklaim penurunan tingkat keterisian tempat tidur terjadi setelah penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali.


"Sebelum PPKM berlangsung tingkat okupansi [bed occupancy ratio] sebesar 79 persen. Sekarang sudah menurun menjadi sekitar 75 persen" jelas Nanik dalam acara talk show yang digelar BNPB via Youtube, Senin (25/1).

Namun begitu Nanik tak merinci jumlah pasti tempat tidur di ruang isolasi infeksi virus corona tersebut.

Hanya saja Nanik memastikan, Pemkab Karawang terus berupaya meningkatkan daya tampung ruang isolasi pasien Covid-19. Sehingga tak ada lagi warga yang tak tertangani.

Sejak pertengahan November 2020 lalu, pemerintah daerah kata dia berinisiatif mengisolasi pasien Covid-19 di hotel. Kata dia, terdapat enam hotel untuk pasien yang tergolong tanpa gejala atau dengan gejala ringan.

Menurut Nanik, total tempat tidur yang tersedia di hotel sebanyak 786 tempat tidur dengan angka fluktuasi pasien yang kata dia tidak begitu tinggi.

Lebih lanjut, dia menjelaskan, pasien yang terkonfirmasi positif baik itu orang tanpa gejala ataupun bergejala ringan bakal ditampung di hotel yang bekerja sama dengan Pemkab Karawang. Langkah ini ditempuh agar pasien yang bergejala berat dapat tertangani di rumah sakit.

Menilik data Covid-19 Pemkab Karawang Per Senin (25/1) total terkonfirmasi positif tercatat 8.880 orang. Sebanyak 1.120 masih dalam perawatan.

Dari jumlah positif tersebut sebanyak 7.457 orang dinyatakan sembuh. Adapun yang meninggal sebanyak 303 orang.

Infografis Laju Perkembangan COvid-19 di IndonesiaInfografis Laju Perkembangan Covid-19 di Indonesia. (CNN Indonesia/Fajrian)

Nanik mengungkapkan, klaster yang kerap muncul di Karawang berasal dari perusahaan. Sebab kata dia, Karawang tergolong kota industri.

Demi mengerem laju penularan virus corona dan lonjakan kasus pemerintah memperpanjang PPKM Jawa-Bali hingga 8 Februari 2021. Karawang termasuk salah satu daerah di Jawa Barat yang menerapkan kebijakan tersebut. Kabupaten ini juga tercatat masuk kategori zona merah atau zona dengan risiko tinggi terpapar Covid-19.

(isa/nma)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK