Jokowi Tagih Komitmen Negara Maju Hijaukan Dunia

CNN Indonesia | Selasa, 26/01/2021 10:29 WIB
Presiden Jokowi menyebut perubahan iklim sangat berdampak bagi negara kepulauan seperti Indonesia. Presiden Jokowi meminta negara-negara maju memenuhi komitmen pembangunan hijau. (Foto: Dok. Biro Pers Media)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo menyebut dampak perubahan iklim semakin nyata terutama bagi negara kepulauan seperti Indonesia. Ia pun menagih komitmen negara maju dalam hal pembangunan hijau.

Petani dan nelayan, katanya, terpaksa harus beradaptasi dengan perubahan iklim. Masyarakat pesisir dan pulau kecil juga terdampak kenaikan permukaan air laut.

"Dampak iklim sangat nyata di hadapan kita. Apalagi untuk negara-negara kepulauan seperti Indonesia," kata Jokowi dalam pidato virtual pada Konferensi Tingkat Tinggi Climate Adaptation Summit (KTT CAS) 2021, Senin (26/1).


Jokowi menambahkan kondisi perubahan iklim jadi lebih kompleks karena pandemi Covid-19. Karena itu, ia mengajak para pemimpin dunia untuk membuat langkah besar menangani perubahan iklim lewat penguatan kemitraan global.

Mantan Wali Kota Solo itu mengajak seluruh negara untuk memenuhi kontribusi nasional bagi penanganan perubahan iklim (Nationally Determined Contribution/NDC). Dia bilang, Indonesia telah melakukannya.

Indonesia sendiri, ujarnya, telah membuat program Kampung Iklim yang mencakup 20 ribu kampung hingga 2024.

Jokowi juga mengajak seluruh negara untuk terus melanjutkan pembangunan hijau guna menjadikan dunia yang lebih baik.

"Tentunya negara maju harus memenuhi komitmennya," tutur Jokowi.

Dia berharap KTT CAS Tahun 2021 ini dapat berdampak pada peningkatan aksi iklim dunia melalui solidaritas, kolaborasi, dan kepemimpinan kolektif global. Dia juga berharap konferensi ini mengawal detail pelaksanaan aksi iklim dunia di masing-masing negara.

Konferensi Tingkat Tinggi Climate Adaptation Summit (KTT CAS) 2021 adalah gelaran global guna mempercepat dan meningkatkan upaya global dalam adaptasi masyarakat dan ekonomi terhadap dampak perubahan iklim.

KTT CAS 2021 kali ini digelar secaea virtual. Belanda ditunjuk sebagai tuan rumah perhelatan kali ini. KTT CAS 2021 didukung Indonesia dan 21 negara lainnya.

(dhf/arh)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK