Senyum Jokowi dan Getar Tangan Vaksinator di Suntikan Kedua

CNN Indonesia | Rabu, 27/01/2021 10:00 WIB
Jokowi kembali disuntik vaksin Sinovac oleh vaksinator Abdul Muthalib, orang yang sama saat vaksinasi pertama dua pekan sebelumnya. Presiden Joko Widodo merima vaksinasi Covid-19 tahap kedua di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu, 27 Januari 2021. (Foto: Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo kembali menerima vaksin corona (Covid-19), Rabu (27/1). Ini merupakan dosis kedua yang diterima Jokowi setelah dua pekan sebelumnya menerima dosis pertama.

Menurut keterangan Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, pada proses vaksinasi ini, Jokowi kembali disuntik vaksin oleh Wakil Ketua Tim Dokter Kepresidenan, Profesor Abdul Muthalib.

Sama seperti proses vaksinasi dosis pertama, tangan Abdul Muthalib kembali terlihat agak gemetaran saat menyuntik lengan kiri Jokowi.


Kendati begitu, Jokowi tampak tenang ketika menerima suntikan dosis kedua vaksin. Ia bahkan terlihat sedikit tertawa setelah disuntik.

Jokowi mengatakan tidak ada yang berbeda dari proses vaksinasi yang pertama. Ia juga mengaku tidak merasakan sakit ketika disuntik vaksin.

"Setelah dua minggu yang lalu, saya hari ini mendapat suntikan vaksin yang kedua. Sama seperti yang lalu, tidak terasa," kata Jokowi usai divaksinasi di halaman Istana Kepresidenan.

Meski sedikit gemetaran, Abdul Muthalib mengaku saat proses vaksinasi kedua ini ia lebih tenang dalam menyuntik Jokowi, karena sudah pernah menyuntik pada vaksinasi pertama.

Ia juga berterima kasih kepada Jokowi yang telah memberikan kepercayaan kepadanya untuk kembali menjadi vaksinator.

"Saya sampaikan terima kasih kepada Pak Presiden yang masih tetap percaya pada saya untuk vaksin kedua ini, saya ingin jelaskan sekali lagi bahwa vaksin yang saya berikan vaksin Sinovac, bukan yang lain," tutur Abdul.

Abdul juga mengatakan sempat berbincang dengan Jokowi usai divaksin. Menurut dia, Jokowi tidak mengalami efek samping usai vaksinasi dosis pertama.

"Saya tanyakan, apa ada keluhan setelah vaksin pertama, ternyata tidak ada sama sekali," ujarnya.

Jokowi sebelumnya telah menerima suntikan vaksinasi pertama pada 13 Januari. Ia menjadi orang pertama di Indonesia yang menerima suntikan vaksin Sinovac.

Selain Jokowi, ada sejumlah tokoh yang ikut vaksinasi saat itu. Beberapa di antaranya adalah Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Ketua Umum IDI Daeng M. Faqih, dan aktor Raffi Ahmad.

Vaksinasi ditargetkan kepada lebih dari 50 persen penduduk Indonesia untuk menciptakan herd immunity atau kekebalan kelompok guna mencegah penularan virus corona.

(dmi/pmg)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK