Satgas soal 1 Juta Kasus Covid: 80 Persen Sudah Sembuh

CNN Indonesia | Rabu, 27/01/2021 18:26 WIB
Meski mengumumkan banyaknya pasien sembuh, namun Wiku mengakui ada sebagian kasus Covid-19 yang berujung fatal dan mesti menjadi perhatian. Ketua Tim Pakar Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito. (Biro Setpres/Rusman)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Tim Pakar Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito membahas angka kesembuhan pasien saat ditanya soal kasus positif Covid-19 di Indonesia yang telah menembus angka 1 juta per Selasa (26/1).

Wiku mengingatkan tidak semua kasus positif masih aktif. Dia menyebut ada 820 ribu orang pasien telah sembuh.

"Dari angka 1 juta tersebut, sebenarnya 820 ribu lebih itu adalah sembuh. Jadi, sebenarnya dengan angka kesembuhan 80 persen," kata Wiku dalam rekaman suara yang diterima, Rabu (27/1).


Meski begitu, ia mengakui memang ada sebagian kasus Covid-19 yang berujung fatal. Ia juga mengakui angka pasien yang masih positif Covid-19 juga perlu jadi perhatian.

Wiku berkata jumlah kasus aktif harus segera ditekan. Sebab fasilitas kesehatan di Indonesia terbatas untuk menangani pandemi Covid-19.

"Inilah yang menjadi tugas kita untuk bisa ditangani di rumah sakit dan sembuh," ucapnya.

Wiku menyampaikan pemerintah berupaya menambah tempat tidur untuk mengantisipasi penambahan pasien Covid-19. Namun menurutnya, langkah itu harus didukung kedisiplinan masyarakat menerapkan protokol kesehatan.

"Tugas kita semuanya agar fasilitas kesehatan yang ada cukup untuk merawat orang-orang yang akhirnya sakit. Mereka bisa dicegah untuk tidak sakit kalau pencegahannya dilaksanakan dengan ketat," ujar Wiku.

Jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia telah menembus 1 juta kasus per Selasa (27/1). Saat ini, kasus positif Covid-19 di Indonesia telah mencapai 1.012.350 kasus.

Sebanyak 28.468 orang telah meninggal dunia karena virus corona. Sementara 163.526 orang masih terpapar Covid-19.

(dhf/ain)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK