BMKG: Waspadai Hujan Sepanjang 4-7 Februari Merata di Kalsel

CNN Indonesia | Rabu, 03/02/2021 16:33 WIB
BMKG melaporkan prospek cuaca dalam 3 hari ke depan masih berpotensi hujan intensitas ringan hingga sedang, merata di seluruh wilayah. Hujan. Ilustrasi. (Istockphoto/FeelPic)
Jakarta, CNN Indonesia --

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat setempat mewaspadai potensi hujan intensitas ringan hingga sedang di wilayah Kalimantan Selatan dalam tiga hari ke depan.

Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi BNPB Raditya Jati meminta warga Kalimantan Selatan untuk waspada dan siaga, pada 4-7 Februari mendatang dikarenakan prospek cuaca yang menunjukkan potensi hujan.

"Masyarakat Kalimantan Selatan diimbau untuk waspada dan siaga dalam tiga hari ke depan. BMKG melaporkan prospek cuaca dalam tiga hari ke depan masih berpotensi hujan intensitas ringan hingga sedang, merata di seluruh wilayah," kata Raditya dalam keterangan tertulis, Rabu (3/2).


Raditya juga menyampaikan, Balai Wilayah Sungai Kalimantan tengah berupaya mengendalikan banjir dengan cara mereduksi banjir di Sungai Martapura melalui Bendungan Riam Kiwa, serta normalisasi kanal banjir untuk mereduksi banjir di Sungai Barabai.

Sebelumnya, banjir di Kalimantan Selatan melanda sejak memasuki tahun 2021. Banjir di daerah yang dijuluki Paru-paru Dunia itu disebut terjadi karena intensitas hujan tinggi hingga ekstrem yang merata di seluruh wilayah Kalsel pada periode 8-14 Januari 2021.

Berdasarkan data per 2 Februari 2021 pukul 09.00 WITA, BPBD Provinsi Kalsel mencatat 11 wilayah administrasi di tingkat kabupaten kota masih terdampak banjir. Sebanyak 28.379 warga masih mengungsi.

Banjir juga menewaskan 24 orang warga dan 3 lainnya hilang. Hingga kini, banjir masih menggenangi 5 dari 11 kabupaten kota terdampak. Genangan banjir masih terpantau pada ketinggian 10-30 centimeter di beberapa kabupaten seperti di Hulu Sungai Tengah, Banjar, Hulu Sungai Selatan, dan Tanah Laut.

(mln/ain)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK