Polda Jatim Cari Penyebar Informasi Dentuman di Malang Raya

CNN Indonesia | Kamis, 04/02/2021 18:28 WIB
Polda Jatim menyatakan akan mendalami kebenaran kabar munculnya suara dentuman misterius yang terdengar di Malang Raya, Jatim dan sekitarnya. Polda Jatim menyatakan akan mendalami kebenaran kabar munculnya suara dentuman misterius yang terdengar di Malang Raya, Jatim dan sekitarnya. (CNN Indonesia/Kurniawan Dian)
Surabaya, CNN Indonesia --

Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim) menyatakan akan mendalami kebenaran kabar munculnya suara dentuman misterius yang terdengar di Malang Raya, Jatim dan sekitarnya.

Kepala Bidang Humas Polda Jatim Komisaris Besar Gatot Repli Handoyo mengatakan hal itu lantaran kabar tersebut dianggap telah memicu kegaduhan publik. Polisi menyatakan akan menelusuri siapa orang pertama yang menyebarkan informasi tersebut.

"Kita akan mengecek dulu mengenai kebenaran berita itu, siapa yang menyebarkan akan kita telusuri," kata Gatot, Kamis (4/2).


Gatot menyebut jika kemudian ditemukan dugaan penyebaran informasi palsu atau hoaks, maka pihaknya akan menindak tegas pelaku.

"Kalau memang itu berita hoaks, akan kita tindaklanjuti. Saya dorong ke [Subdit] Siber," ucapnya.

Meski demikian, hingga berita ini ditulis, Gatot mengaku pihaknya belum menerima informasi apapun atas fenomena dentuman misterius tersebut.

"Belum ada info dari Polres jajaran terkait berita tersebut," kata dia.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang melaporkan suara dentuman mulai terdengar pada Selasa (2/2) malam sekitar pukul 23.00 WIB.

Berdasarkan laporan yang diterima, dentuman terdengar hampir di seluruh wilayah Malang Raya meliputi Kota Malang dan Kota Batu.

Sejumlah warga, bahkan melaporkan bahwa suara dentuman masih terdengar hingga menjelang subuh.

BPBD Kota Malang sementara ini memastikan suara dentuman yang terdengar di sekitar wilayah Kota Malang bukan bersumber dari aktivitas vulkanik Gunung Semeru maupun Gunung Raung.

Petugas operator Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Penanggulangan Bencana BPBD Kota Malang, Adendia Trika Nugraka mengungkapkan hal tersebut dipastikan dengan mengonfirmasi ke BPBD Kabupaten Lumajang dan Banyuwangi.

Ia mengatakan telah menanyakan kemungkinan apakah suara dentuman berasal dari kedua gunung aktif tersebut.

(frd/pmg)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK