Anies soal 21 Heroes TUMI: Pengakuan Buat Kita Semua

CNN Indonesia | Jumat, 05/02/2021 17:52 WIB
Gubernur DKI Anies Baswedan mempersembahkan gelar Heroes 2021 dalam bidang transportasi dari TUMI bagi warga pengguna dan pekerja transportasi publik. Gubernur DKI Anies Baswedan buka suara soal pahlawan transportasi TUMI. (Foto: CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan daftar 21 Heroes 2021 dari Transformative Urban Mobility Initiative (TUMI) adalah penghargaan untuk warga pengguna transportasi publik maupun yang bekerja untuk menyukseskannya.

"Pahlawan sebenarnya adalah ribuan orang yang bekerja setiap hari untuk mendorong integrasi transportasi Jakarta, jutaan warga yang ikut menyukseskan dengan memilih berjalan kaki, bersepeda dan menggunakan transportasi publik. Pengakuan ini adalah buat Kita semua," kicaunya lewat akun Twitter @aniesbaswedan, Jumat (5/2).

Anies sebelumnya masuk dalam jajaran 21 Heroes 2021, daftar yang dibuat oleh TUMI. Dengan masuk dalam jajaran tersebut, Anies sejajar dengan sejumlah tokoh dunia, termasuk pendiri Tesla dan Space X, Elon Musk.


Anies bersama 20 tokoh lainnya di bidang transportasi terpilih karena keberhasilan transformasi mobilitas kota yang berdampak pada peningkatan kualitas hidup seluruh warga.

Penghargaan 21 Heroes merupakan ajang untuk menghormati mereka yang mencapai kesuksesan transportasi pada tahun 2020. Mereka dinilai berhasil membenahi sistem transformasi, meski dunia tengah dilanda pandemi.

TUMI menjelaskan, pihaknya memasuki Anies dalam daftar tersebut karena keberhasilannya memperbaiki transportasi kota Jakarta. Sejumlah pencapaian Anies menurut TUMI adalah dengan membuat jalur sepeda sepanjang 63 kilometer, hingga menciptakan integrasi antar-moda.

"Kota ini (Jakarta) bertujuan menciptakan transportasi yang adil, terjangkau, dan inklusif bagi semua kalangan," demikian menurut penjelasan TUMI.

Sementara itu, Ketua Fraksi Golkar di DPRD DKI Jakarta Basri Baco menyebut Anies masih memiliki banyak pekerjaan rumah di Jakarta.

"Faktanya hari ini memang banyak yang harus kita benahi di DKI Jakarta di bidang transportasi," kata dia saat dihubungi, Jumat (5/2).

Di antaranya, kata dia, penambahan armada angkutan umum, kemacetan, dan polusi udara.

"Pelayanan, kemacetan, polusi udara dan lain-lain, ke depan kan sudah mesti semua bisa teratasi agar kita benar-benar banggakan," katanya.

Di lain pihak, Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta Abdul Aziz menilai penghargaan itu cukup adil dan jujur dalam menilai perkembangan transportasi di DKI selama Anies memimpin Jakarta.

"Penilaian tersebut cukup fair karena jujur harus kita akui perkembangan transportasi umum sangat masiv tiga tahun terakhir," kata dia.

Saat ini, katanya, dampak perbaikan itu belum benar-benar terasa, apalagi untuk penggunaan kendaraan pribadi.

"Tapi saya yakin beberapa tahun lagi, kemacetan yang notabene disebabkan kendaraan pribadi akan teratasi seiring semakin baiknya angkutan umum yang ada," klaimnya.

(tst/dmi/arh)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK