DKI Satu-satunya Provinsi di Jawa Masuk 5 Besar Kasus Tinggi

CNN Indonesia | Selasa, 09/02/2021 20:51 WIB
DKI Jakarta menurut data Satgas Penanganan Covid-19 menjadi satu-satunya provinsi yang masih menetap di posisi lima besar teratas penyumbang peningkatan kasus. Pejalan kaki melewati mural kampanye terkait penyebaran virus Corona di pondok Gede, Jakarta Timur, Selasa, 24 November 2020. (Foto: CNNIndonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menyebut bahwa DKI Jakarta menjadi satu-satunya provinsi di Jawa yang bertengger di lima urutan tertinggi daerah penyumbang kenaikan kasus virus corona dalam sepekan terakhir.

Adapun perkembangan data kasus Covid-19 itu didapatkan selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pekan ke-empat atau periode 31 Januari-7 Februari.

"Dari kelima provinsi tersebut, hanya DKI Jakarta provinsi yang berasal dari Pulau Jawa yang masih masuk dalam lima besar penambahan kasus positif mingguan tertinggi," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers yang disiarkan melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (9/2).


Dari data yang ditampilkan Wiku, kasus Covid-19 di Ibu Kota melonjak 4.204 kasus dalam sepekan. Diikuti kemudian Nusa Tenggara Timur (NTT) yang naik 480 kasus, Kalimantan Utara sebanyak 333 kasus, Sumatera Utara naik 223 kasus, dan Kalimantan Timur yang naik 206 kasus dalam sepekan terakhir.

Wiku juga menyampaikan untuk lingkup kasus nasional, terjadi penurunan kasus Covid-19 dalam sepekan belakangan. Dari yang awalnya 89.502 kasus dalam sepekan, turun menjadi 79.437 kasus dalam periode 31 Januari-7 Februari.

"Pada level nasional, terjadi penurunan kasus 10,8 persen dibandingkan dengan minggu sebelumnya," kata Wiku.

Namun demikian, Wiku mengatakan warga dan pemerintah tidak boleh lengah dengan temuan tersebut. Ia meminta masyarakat tetap mengencangkan sabuk untuk mematuhi protokol kesehatan 3M yang meliputi memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Wiku juga meminta peran aktif pemerintah daerah untuk melakukan operasi kepatuhan masyarakat terhadap penerapan 3M di lini terkecil. Dengan begitu, ia berharap tumbuh kesadaran warga akan pentingnya 3M demi menurunkan laju penularan virus corona.

"Dengan demikian, angka penularan yang terjadi di masyarakat dapat ditekan dan penurunan kasus positif ke depannya menjadi lebih banyak hingga tidak ada kasus sama sekali," pungkas Wiku.

INFOGRAFIS AGAR TAK TERTULAR VIRUS CORONAInfografis Agar Tak Tertular Virus Corona. (CNN Indonesia/Fajrian)
(khr/nma)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK