Dalami Laporan KPAI, Polri Bakal Usut Kasus Aisha Weddings

CNN Indonesia | Rabu, 10/02/2021 18:45 WIB
Polri bakal mengusut kasus penyedia jasa pernikahan muda Aisha Weddings yang viral di media sosial. ilustrasi. Foto: StockSnap/Pixabay
Jakarta, CNN Indonesia --

Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri bakal menyelidiki kasus situs penyedia jasa pernikahan muda, Aisha Weddings secara online yang viral di media sosial beberapa waktu terakhir.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigadir Jenderal Rusdi Hartono mengatakan bahwa tindak lanjut tersebut merupakan hasil dari laporan yang dibuat oleh Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI).

"Tentunya Bareskrim Polri akan mendalami permasalahan ini," kata Rusdi kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (10/2).


Namun demikian, Rusdi belum dapat memaparkan lebih lanjut ihwal proses penanganan perkara itu di kepolisian saat ini. Rusdi hanya memastikan bahwa kasus itu akan diusut tuntas.

"Untuk kita sama-sama bagaimana masalah-masalah yang muncul di masyarakat ini bisa diselesaikan secara tuntas," ucapnya lagi.

Ketua Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah, Dadang Kahmad menilai anjuran pernikahan muda pada usia 12-21 tahun bagi perempuan muslim yang dilakukan jasa penyelenggara pernikahan, Aisha Weddings melanggar aturan di Indonesia.

Menurut Dadang, Undang-undang Nomor 16 Tahun 2019 tentang Perkawinan mengatur batas usia perkawinan antara laki-laki dan perempuan adalah 19 tahun.

"Merujuk kepada perundang undangan yang berlaku, khususnya UU Nomor 1 tahun 74 pernikahan di usia dini tidak diperkenankan kan," kata Dadang, Rabu (10/2).

Dalam situs resminya, Aisha Weddings menganjurkan pernikahan muda terhadap perempuan muslim pada rentang usia 12-21 tahun dan tak lebih. Situs itu pun menjadi viral di media sosial.

Aisha Weddings turut menganjurkan agar perempuan segera menikah karena banyaknya godaan yang harus dihadapi. Selain pernikahan dini, Aisha Weddings juga seolah menganjurkan poligami dan nikah siri.

(mjo/psp)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK