Usai Divaksin, Pedagang Tanah Abang Diminta Tunggu 30 Menit

CNN Indonesia | Rabu, 17/02/2021 10:36 WIB
Para pedagang Pasar Tanah Abang yang sudah disuntik vaksin Covid-19 diminta menunggu 30 menit untuk melihat apakah ada efek samping. Para pedagang Pasar Tanah Abang diminta menunggu 30 menit usai disuntik vaksin Covid-19, Rabu (17/2). (CNN Indonesia/Yulia Adiningsih)
Jakarta, CNN Indonesia --

Para pedagang Pasar Tanah Abang yang telah disuntik vaksin Covid-19 Sinovac tak boleh langsung pulang. Mereka harus menunggu selama 30 menit di tempat yang sudah disediakan.

Salah satu penerima vaksin Tjiu Bun Kong, diminta duduk di tempat yang sudah disediakan, dekat dengan tempat vaksinasi.

"Saya kurang tau ini apa, tapi disurih tunggu setengah jam," kata Tjiu kepada CNNIndonesia.com, di Pasar Tanah Abang, Rabu (17/2).


Observer Vaksin, Nunung menjelaskan para penerima vaksin Covid-19 diminta menunggu selama 30 menit untuk mengantisipasi jika terjadi reaksi usia disuntik.

"Takutnya ada reaksi atau apa setelah divaksin makanya harus diobservasi. Tidak boleh ada yang pulang, harus menunggu 30 menit," kata Nunung.

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes Maxi Rein Rondonuwu mengatakan para penerima vaksin tersebut hanya menunggu saja.

"Tidak ada, harus nunggu aja 30 menit," ujarnya.

Sebelumnya, ada beberapa tahapan para pedagang Pasar Tanah Abang bisa menerima vaksin Covid-19. Pertama, mereka harus melakukan verifikasi yang dilakukan tim dari Pasar Jaya.

Setelah verifikasi, penerima vaksin harus menunggu di tempat yang telah disediakan. Lalu, penerima vaksin akan didata oleh Dinas Kesehatan DKI Jakarta.

Selanjutnya, penerima vaksin harus melakukan skrining kesehatan untuk memastikan tubuh siap menerima suntikan. Skrining kesehatan sudah dilaksanakan pada Senin (15/2).

Kemudian mereka diberi kupon untuk mendapatkan vaksin. Kupon tersebut dibawa lalu dicek oleh tim Pasar Jaya. Setelah penerima vaksin lolos verifikasi, baru mereka akan divaksin secara bergantian.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Gubernur Jakarta Anies Baswedan meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (17/2).

Pemerintah hari ini memulai vaksinasi Covid-19 tahap kedua dengan sasaran petugas pelayanan publik, termasuk pedagang Pasar Tanah Abang. Setidaknya ada 55 ribu orang pedagang pasar di Tanah Abang yabng menerima suntikan vaksin Covid-19.

(yla/fra)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK