Dampak PSBB, Gunung Gede Pangrango Terlihat dari Jakarta

CNN Indonesia | Rabu, 17/02/2021 16:21 WIB
Pemprov DKI menyebut penerapan PSBB selama pandemi berdampak positif pada kualitas udara Ibu Kota, salah satunya langit yang tak berkabut karena polusi. Gunung Gede Pangrango terlihat dari Jakarta. Ilustrasi (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengatakan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) selama pandemi virus corona (Covid-19) berdampak positif pada kualitas udara Ibu Kota.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Syaripudin mengatakan dalam beberapa hari terakhir pandangan langit Jakarta tak lagi berkabut karena polisi. Bahkan, Gunung Gede Pangrango bisa terlihat dari Jakarta.

"Pandemi telah menunjukkan kepada kita bahwa masih ada harapan untuk lingkungan hidup yang lebih baik," kata Syaripudin dalam keterangan tertulisnya, Rabu (17/2).


Akun @wibisono.ari di Instagram mengunggah penampakan foto Gunung Gede Pangrango terlihat dari Jakarta. Dalam keterangan fotonya, ia menyebut Gunung Gede Pangrango terlihat dari Jalan Benyamin Sueb, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Foto tersebut diunggah pada Rabu pagi (17/2). Saat ini, setidaknya 4.000 orang menyukai foto tersebut.

[Gambas:Instagram]

Syaripudin melanjutkan Pemprov DKI turut melakukan pembatasan aktivitas kepada warga, baik di tempat kerja, fasilitas sosial dan fasilitas umum, transportasi umum, serta fasilitas lainnya.

Pembatasan ini bertujuan untuk menekan laju penyebaran Covid-19. Dengan rendahnya mobilitas warga Ibu Kota yang bepergian ke luar rumah, kata Syaripudin, pencemaran udara dari kendaraan umum dan tempat industri menjadi berkurang.

Selain itu, sejak beberapa tahun terakhir, Pemprov DKI juga mendorong warga beralih ke transportasi umum. Pemprov DKI juga menetapkan wajib uji emisi bagi kendaraan bermotor.

"Kami juga mengerjakan perluasan MRT, BRT, LRT, revitalisasi trotoar, integrasi berbagai moda transportasi, dan pengembangan jalur khusus sepeda di seluruh kota. Dan mulai menerapkan uji emisi di berbagai wilayah untuk menuju udara bersih Jakarta," ujarnya.

(dmi/fra)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK