PPKM Mikro, 3 Provinsi di Jawa Catat Kasus Kematian Tertinggi

CNN Indonesia | Kamis, 18/02/2021 23:58 WIB
Satgas Covid-19 mengingatkan pejabat di daerah dengan angka kematian tertinggi untuk mengevaluasi fasilitas pelayanan kesehatan pasien virus corona. Ilustrasi. Tiga daerah yang menerapkan PPKM skala mikro yakni DKI Jakarta, Yogyakarta dan Jawa Timur mencatatkan angka kematian tertinggi akibat Covid-19 di Indonesia. (Foto: ANTARA FOTO/WAHYU PUTRO A)
Jakarta, CNN Indonesia --

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menyayangkan tiga provinsi di Pulau Jawa justru mengalami peningkatan jumlah kematian akibat Covid-19 tertinggi di Indonesia. Padahal sejumlah daerah di Pulau Jawa-Bali jadi sasaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro.

Ketiga provinsi itu yakni DKI Jakarta yang mencatatkan lonjakan 48 kasus kematian dalam sepekan, DI Yogyakarta naik 18 kasus, dan Jawa Timur naik 15 kasus.

Sementara, dua provinsi lain yang menduduki posisi ke-empat dan ke-lima adalah Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan kenaikan 14 kasus kematian, dan Sumatera Selatan yang naik 11 kasus kematian.


"Cukup disayangkan 3 dari 5 provinsi dengan penambahan kematian tertinggi berasal dari Pulau Jawa. Hal ini perlu menjadi evaluasi, mengingat saat ini tengah dilaksanakan PPKM mikro sebagai lanjutan dari PPKM kabupaten/kota di Jawa-Bali," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers yang disiarkan melalui kanal YouTube BNPB Indonesia, Kamis (18/2).

Dengan temuan itu, Wiku pun meminta pejabat di lima daerah yang menyumbang angka kematian tertinggi untuk mengevaluasi sistem fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes).

Sebab, bila Fasyankes diperkuat, Wiku yakin pasien dengan gejala sedang akan rentan mengalami perburukan gejala yang pada akhirnya mengakibatkan kematian.

"Ini artinya treatment pada pasien di RS maupun isolasi mandiri dengan gejala sedang hingga berat, ini perlu ditingkatkan utamanya di Pulau Jawa. Mengingat periode PPKM mikro diharapkan dapat mengupayakan peningkatan kualitas pelayanan pasien Covid-19," jelas dia.

Lebih lanjut, Wiku pun memaparkan lima provinsi yang mengalami kenaikan kasus Covid-19 tertinggi dalam sepekan. Yang pertama, NTT naik 370 kasus, diikuti Sumatera Utara naik 246 kasus, dan Maluku Utara naik 95 kasus. Serupa, Kalimantan Selatan naik 95 kasus dan Banten naik 81 kasus Covid-19.

Sementara itu, angka kesembuhan Covid-19 tercatat menurun 0,3 persen dari pekan sebelumnya. Meskipun penurunan ini kecil, Wiku berharap tingkat kesembuhan terus meningkat setiap minggunya.

Lima provinsi dengan kenaikan kasus sembuh tertinggi dalam sepekan adalah DKI Jakarta yang naik 4.675 kasus, NTT naik 777 kasus, dan Banten naik 694 kasus sembuh. Selanjutnya Sulawesi Tenggara naik 309 orang dinyatakan sembuh dan Kalimantan Utara naik 272 kasus sembuh.

(khr/nma)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK