DPR Terima 31 Nama Calon Dubes dari Jokowi, Ada Nama Terawan

CNN Indonesia | Jumat, 19/02/2021 15:02 WIB
Mantan Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto, dikabarkan jadi calon Dubes RI untuk Spanyol berkedudukan di Madrid. DPR telah menerima surat Presiden Joko Widodo terkait 31 nama calon duta besar RI untuk sejumlah negara. Ilustrasi (ANTARAFOTO/PUSPA PERWITASARI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah menerima surat Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait 31 nama calon Duta Besar (Dubes) RI.

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengatakan surat yang berisi 31 nama calon Dubes RI itu diterima pekan lalu.

Namun, Dasco mengklaim tidak hafal nama-nama yang dicalonkan untuk menjadi Dubes RI dalam surat Jokowi tersebut.


"Sudah diterima minggu lalu, tapi saya tidak hafal nama-namanya," kata Dasco kepada CNNIndonesia.com, Jumat (19/2).

Nama sejumlah bakal calon Dubes RI untuk berbagai negara mulai beredar. Salah satu nama yang muncul adalah mantan Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto, yang disebut jadi bakal calon Dubes RI untuk Spanyol berkedudukan di Madrid.

Terawan belum menjawab konfirmasi CNNIndonesia.com terkait penunjukan dirinya sebagai Dubes RI untuk Spanyol.

Selain itu ada juga nama politikus PDIP, Zuhairi Misrawi, yang diajukan sebagai calon Dubes RI untuk Arab Saudi. Dia pernah menjadi anggota tim kampanye Jokowi-Ma'ruf Amin pada pemilihan presiden 2014 dan 2019.

Di dalam daftar itu ada juga nama politikus PDIP lainnya, Muhammad Prakosa, yang pernah menjadi Menteri Pertanian Kabinet Persatuan Nasional periode 1999- 2000, dan Menteri Kehutanan Kabinet Gotong Royong periode 2001-2004. Dia diajukan sebagai calon Dubes RI untuk Italia.

Nama pengusaha Rosan Roeslani juga masuk dalam daftar calon dubes yang beredar. Dia diajukan sebagai bakal calon Dubes RI untuk Amerika Serikat.

Nama-nama lainnya adalah Suwartini Wirta sebagai bakal calon Dubes RI untuk Kroasia, Damos D. Agusman sebagai bakal calon Dubes RI untuk Austria.

Kemudian Siswo Pramono sebagai calon Dubes RI untuk Australia di Canberra. D. Tumpal Simanjuntak yang ditunjuk menjadi calon Dubes RI untuk Kanada.

Ina Krisnamurthi dipilih sebagai calon Dubes RI untuk India, Bebeb Djundjunan sebagai calon Dubes RI untuk Yunani, Armanatha Nasir calon Dubes RI untuk PBB.

Selanjut Anita Luhulima sebagai calon Dubes RI untuk Polandia di Warsawa, Pribadi Sutiono calon Dubes RI untuk Slowakia, Okto D. Manik sebagai calon Dubes RI untuk Timor Leste.

Fientje Suebu sebagai bakal calon Dubes RI untuk Selandia Baru di Wellington, Triyogo Jatmiko sebagai bakal calon Dubes RI untuk Tanzania di Dar es Salaam dan M. Oemar sebagai bakal Dubes RI untuk Prancis di Paris.

Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) menyatakan belum bisa mengonfirmasi sejumlah nama bakal calon Dubes RI yang tengah beredar.

"Saya tidak ada informasi," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Teuku Faizasyah, saat dihubungi pada Jumat (19/2).

(mts/fra)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK