Survei: Publik Lebih Percaya Gubernur Ketimbang Jokowi

CNN Indonesia | Senin, 22/02/2021 18:40 WIB
Tingkat kepercayaan publik terhadap gubernur mencapai 91 persen berdasarkan survei terbaru LSI. Sementara kepercayaan publik kepada Presiden Jokowi 88 persen. Survei LSI menyebut tingkat kepercayaan publik terhadap gubernur lebih tinggi dari pada presiden. Ilustrasi (Muclis Biro Setpres)
Jakarta, CNN Indonesia --

Survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) mengungkap kepercayaan publik terhadap gubernur lebih tinggi dibanding presiden Jokowi. Gubernur jadi sosok paling dipercaya publik setelah Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Tingkat kepercayaan publik terhadap gubernur mencapai 91 persen. Sementara tingkat kepercayaan publik kepada presiden sebesar 88 persen.

"Yang menarik di sini, tingkat kepercayaan kepada gubernur ini lebih tinggi dibanding presiden dan juga terhadap wali kota. Ini juga yang menarik, artinya, pemerintahan lebih dekat ke masyarakat cenderung sentimen positif yang lebih besar," kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan dalam jumpa pers daring, Senin (22/2).


Djayadi berpendapat kondisi tersebut menjadi hal positif bagi para gubernur lantaran kepercayaan publik jadi modal baik untuk menyongsong Pilpres 2024.

Selain itu, LSI mencatat TNI masih jadi lembaga paling dipercaya publik. Sebanyak 95 persen responden menyatakan percaya pada lembaga militer tersebut.

Di posisi ketiga, sedikit di atas presiden, ada bupati/wali kota. Setidaknya 90 persen responden percaya dengan pimpinan daerah tingkat dua tersebut.

Di bawah presiden ada pemerintah pusat dengan tingkat kepercayaan publik sebesar 85 persen. Lalu ada KPK dengan 83 persen, polisi dengan 84 persen, dan kejaksaan dengan 82 persen.

Djayadi menyoroti merosotnya kepercayaan publik terhadap KPK. Ia melihat ada tren penurunan sejak revisi Undang-undang KPK.

"Biasanya kan KPK nomor 1, 2, atau 3, tapi sudah seperti ditemukan lembaga lain, sudah dua tahun terakhir KPK sudah tidak lagi masuk ke liga pertama," ujarnya.

LSI melakukan survei terhadap 1.200 responden yang dipilih dengan metode multi stage random sampling. Survei dilakukan pada 25-31 Januari 2021. Survei ini memiliki margin of error kurang lebih 2,9 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

(dhf/fra)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK