Risma Gelar Lelang Rolls Royce untuk Bencana pada Awal Maret

CNN Indonesia | Selasa, 23/02/2021 19:22 WIB
Mensos Risma mengatakan sudah mengajukan izin kepada Jokowi untuk lelang sejumlah barang Kemensos dari mobil Rolls Royce, tas mewah, hingga logam mulia. Menteri Sosial Tri Rismaharini. (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Sosial Tri Rismaharini akan segera melelang mobil mewah Rolls Royce milik Kemensos untuk membantu penanganan bencana di daerah.

Selain mobil mewah tersebut, Risma juga mengatakan bakal segera melelang barang lainnya. Seperti mobil Mercedes Benz S300 Solitaire, anting mutiara, logam mulia, puluhan unit motor, jam tangan, tablet, tas mewah, home theater, hingga video game.

"Ini sudah saya ajukan ke Presiden, kemudian setelah itu akan kita proses lelang, mudah-mudahan awal bulan Maret bisa mulai dilelang," kata Risma di Kemensos, Jakarta, Selasa (23/2).


"Nanti langsung kita berikan untuk korban bencana, kalau ada bencana langsung kita berikan," imbuhnya.

Namun Risma tak bisa memastikan berapa nilai keseluruhan barang mewah yang akan dilelang tersebut. Kemensos juga akan lebih dulu melakukan appraisal atau taksiran nilai properti mewah tersebut ke badan lelang.

"Semuanya itu [nilainya] tergantung appraisal dan tergantung lelangnya, jadi tergantung lelangnya karena saya gak bisa mengkondisikan harganya berapa," kata Risma.

Secara rinci, ada 50 jenis logam mulia, 9 unit mobil, 27 unit sepeda motor, 14 unit jam tangan, 14 tas mewah, 1 home theater, 20 unit alat elektronik kantor, 22 unit video game, 187 unit ponsel pintar, 123 unit tablet, 827 unit ponsel, 7 unit handycam, 95 unit MP3 Player dan Ipod, 3 unit DVD, 12 unit headset Razer Kraken, dan 5 unit powerbank yang akan dilelang oleh Kemensos.

Seluruh barang mewah tersebut dimiliki Kemensos dari Hadiah Tak Tertebak (HTT). Sesuai dengan Peraturan Menteri Sosial Nomor 13 tahun 2005 tentang Izin Undian pasal 25 beleid tersebut mewajibkan penyelenggara undian menyerahkan hadiah tak tertebak atau hadiah yang tidak memiliki pemenang/tidak diambil pemenang ke Kementerian Sosial.

Jika ditaksir menggunakan harga jual produk tersebut sesuai tahun produksi, total keseluruhan mencapai Rp 18.032.837.264.

(mln/ain)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK