Wagub Minta Vaksinasi Covid Pasar Tanah Abang Lebih Tertib

CNN Indonesia | Selasa, 23/02/2021 21:02 WIB
Wagub DKI mengingatkan agar penyelenggara vaksinasi untuk memonitor peserta lebih baik dan tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan. Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meminta panitia penyelenggara vaksinasi Covid-19 di Pasar Tanah Abang untuk lebih tertib. Hal ini berkaitan dengan antrean peserta vaksin yang mengular pada Senin (22/2).

Antrean itu kemudian menyebabkan kerumunan warga di area Pasar Tanah Abang, sehingga kepolisian setempat membubarkan kegiatan itu. Menurut Riza, meski antusiasme warga untuk mengikuti program vaksinasi, hal tersebut perlu diiringi dengan tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan.

"Ke depan kita minta panitia yang menyelenggarakan vaksin di Pasar Tanah Abang agar mengatur secara teknis dan detail," kata Riza di Balai Kota Jakarta, Selasa (23/2).


Menurut Riza, panitia bisa mengatur waktu bagi para penerima vaksin. Hal ini, kata dia, dapat meminimalisasi dampak kerumunan dari antrean tersebut.

Ia pun mendukung pihak kepolisian yang membubarkan kerumunan tersebut. Sebab, menurutnya, selama program vaksinasi itu, warga juga harus tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Apa yang dilakukan kapolsek dan jajaran sangat baik dan menjadi pembelajaran bagi semua dalam rangka pelaksanaan vaksin agar tetap mengatur sedemikian pelaksanaannya sesuai dengan protokol kesehatan," ungkap Riza.

"Ini masalah teknis yang sederhana, tapi tidak boleh dianggap enteng, membagikan kupon harus diatur kapasitasnya, jumlahnya, waktunya, dibagi, tidak jam buka sampai jam tutup. Tapi dibagi berapa gelombang dan sebagainya," kata dia menambahkan.

Antrean yang terjadi dalam program vaksinasi di Tanah Abang itu diduga lantaran banyak pedagang yang mengeluh belum mendapatkan suntikan vaksin. Oleh sebab itu, Riza meminta agar warga tetap sabar menanti giliran mendapat vaksin.

"Ya sabar, kan ada 10 ribu lebih. Jumlahnya banyak sekali, total sementara diperkirakan 300 ribu se-Jakarta pedagang. Enggak bisa semua. Sekarang kan animo masyarakat sangat tinggi," tuturnya.

Sebelumnya, kepolisian menyetop vaksinasi Covid-19 di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (22/2), lantaran terjadi antrean peserta. Sebuah foto yang beredar di media sosial memperlihatkan antrean mengular menunggu vaksinasi Covid-19 di Pasar Tanah Abang. Kapolsek Metro Tanah Abang Kompol Singgih Hermawan menyebut antrean itu terjadi lantaran proses vaksinasi di pusat niaga itu akan segera berakhir.

(dmi/ain)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK