Jumpa Sandi, Kapolri Kawal 5 Destinasi Wisata di Masa Covid

CNN Indonesia | Rabu, 24/02/2021 18:05 WIB
Kapolri Listyo Sigit menyatakan akan mengawal lima destinasi wisata super prioritas usai dikunjungi Menparekraf Sandiaga Uno. Kapolri Listyo Sigit berkoordinasi dengan Menparekraf Sandiaga Uno soal destinasi wisata super prioritas di tengah pandemi. (Dok. Kemenparekraf) (Foto: CNN Indonesia/ Ryan Hadi)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan bahwa pihaknya akan mengawal pemulihan lima destinasi wisata super prioritas. Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro pun diharapkan bisa membuat wisatawan nyaman.

Adapun lima destinasi super prioritas itu ialah Danau Toba, Likupang, Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo. Lima destinasi super prioritas tersebut merupakan bagian dari proyek 10 Bali baru yang dicanangkan pemerintahan Jokowi.

"Tentu ini tugas kami mengawal program Kemenpar sehingga event-event baik nasional maupun internasional dan kunjungan ke destinasi segera bisa dilaksanakan," kata dia, usai menerima Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (24/2).


Polri sejauh ini, kata dia, telah melakukan peninjauan langsung terhadap sejumlah destinasi wisata terkait. Penegakan protokol kesehatan (prokes), nantinya akan dirumuskan lebih lanjut.

"Mensinergikan program-program yang bisa kami lakukan untuk percepatan dan penguatan terhadap lima destinasi super prioritas," lanjut dia.

Secara garis besar, Listyo menyebut PPKM mikro di tengah masyarakat nantinya diharapkan dapat memberi rasa aman dan nyaman bagi wisatawan.

Menurut dia, kepatuhan terhadap PPKM Mikro adalah salah satu upaya untuk meyakinkan wisatawan mancanegara dan wisatawan lokal bahwa pariwisata Indonesia aman dari penyebaran Covid-19.

Selain itu, kebijakan tes, telusur, dan tindak lanjut (3T) serta protokol kesehatan memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak (3M) tetap diterapkan di jalur masuk dari udara serta di jalur darat.

"Termasuk saat masuk ke hotel dilakukan hal yang sama [protokol kesehatan] sehingga menimbulkan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan yang datang," kata mantan Kabareskrim Polri ini.

Wisatawan yang reaktif, katanya akan disalurkan ke tempat isolasi yang nyaman di daerah wisata.

"Kalau dipersiapkan dengan baik, kami yakin bahwa wilayah-wilayah yang jadi destinasi wisata bisa kembali pulih," kata Listyo.

Di tempat yang sama, Sandiaga berharap Polri bisa memberikan ruang kegiatan pariwisata yang terpilih di tengah pandemi dengan memperhatikan sejumlah protokol kesehatan.

Hal itu, kata dia, sesuai dengan sejumlah arahan Presiden Jokowi terkait program 5 destinasi wisata super prioritas. Di antaranya, menyiapkan langkah-langkah strategis untuk memulihkan pariwisata.

"Kita bisa memulai sesuai dengan koordinasi saya juga dengan Pak Kapolri dan Pak Menkes adalah event-event yang terkurasi dengan baik dan mengacu pada prokes yang ketat disiplin," kata Sandi dalam konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (24/2).

(mjo/arh)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK