Panglima TNI Mutasi 114 Pati, Pangdam Diponegoro Jadi Wakasad

CNN Indonesia | Rabu, 24/02/2021 17:03 WIB
Salah satu yang dimutasi adalah Pangdam Diponegero Mayjen Bakti Agus Fadjari menjadi Wakasad yang posisinya lowong sejak Letjen Herman Asaribab meninggal. Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. (Dok. Puspen TNI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melakukan mutasi terhadap 114 perwira tinggi di lingkungan institusi pertahanan negara tersebut.

Mutasi ini berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/145/II/2021tanggal 23 Februari 2021 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI.


"Telah ditetapkan mutasi dan promosi jabatan 114 Perwira Tinggi (Pati) TNI, terdiri dari 43 Pati TNI AD, 38 Pati TNI AL dan 33 Pati TNI AU," kata Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Laut Edys Riyanto dalam keterangannya, Rabu (24/2).

Dalam mutasi ini, Mayjen Bakti Agus Fadjari yang sebelumnya menjabat sebagai Pangdam IV/Diponegoro diangkat menjadi Wakil Kepala Staf TNI AD (Wakasad).

Diketahui posisi Wakasad sebelumnya kosong, lantaran Letjen TNI Herman Asaribab meninggal dunia karena sakit pada 14 Desember 2020.

Kemudian posisi Pangdam IV/Diponegoro diisi Mayjen Rudianto yang sebelumnya bertugas di Deputi Bidang Koordinasi Pertahanan Negara Kemenko Polhukam.

Lalu, Mayjen Agus Rohman dari Pangdam XVI/Patimura dimutasi menjadi Pangkogabwilhan III. Sementara itu, Mayjen TNI Jeffry Apoly Rahawarin dari Sahli Bid. SDM dan Teknologi Kemenko Polhukam diangkat menjadi Pangdam XVI/Patimura.

Di lingkungan TNI AL, di antaranya ada Laksma TNI Dwi Aris Priyono dari Direktur Data dan Informasi pada Deputi Bid. Informasi Hukum dan Kerjasama Bakamla diangkat menjadi Staf Khusus Kasal. Lalu, Kolonel Laut (P) Phundi Rusbandi dari Wadan Kodikopsla Kodiklatal menjadi Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Tengah Bakamla.

Ada pula, Laksma TNI Supendi dari Bandep Ur. Informasi dan Pengolahan Data Setjen Wantannas menjadi Karoum Setjen Wantannas hingga Laksma TNI Imam Suyudi dari Dosen Ahli Latgab Kordos Sesko TNI yang diangkat menjadi Staf Khusus Kasal.

Sementara itu, di lingkungan TNI AU, ada Marsda TNI Tri Bowo Budi Santoso dari Pangkoopsau I menjadi Wadan Kodiklatau, Marsma TNI Tedi Rizalihadi S, M.M. dari Waasops Panglima TNI menjadi Pangkoopsau I, Marsma TNI Danet Hendriayanto dari Direktur Bina Tenaga BNPP (Basarnas) menjadi Danlanud Hnd, serta Marsma TNI Arif Widianto, S.A.B., M.Tr. (Han) dari Staf Khusus Kasau menjadi Direktur Bina Tenaga BNPP (Basarnnas).

Selanjutnya, Kolonel Nav I Nyoman Suadnyana, S.T., M.M. dari Danlanud Smo menjadi Danpusdik Kodiklatau, Kolonel Pnb Agus Setiawan, S.T. dari Asops Kas Koopsau III menjadi Danlanud Smo, Kolonel Pnb Azhar Aditama D dari Asops Kas Kohanudnas menjadi Danpuslat Kodiklatau dan Kolonel Pnb Mohamad Satrio Utomo dari Paban II/Ops Sopsau menjadi Danlanud Sri.

(dis/kid)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK