Masih Cuaca Ekstrem, Waspada Banjir Indramayu-Semarang

CNN Indonesia | Rabu, 24/02/2021 20:20 WIB
Sejumlah daerah di pesisir utara Jawa diminta mewaspadai potensi banjir, mulai dari Indramayu, Brebes, Tegal, hingga Semarang. Ilustrasi. Hujan. (Istockphoto/Yury Karamanenko)
Jakarta, CNN Indonesia --

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mewaspadai potensi banjir di beberapa wilayah Indramayu dan Semarang.

BMKG menjelaskan hujan intensitas lebat hingga ekstrem diprediksi akan mengguyur DKI Jakarta dan sekitarnya mulai dini hari ini, sehingga potensi banjir di beberapa daerah di luar Jabodetabek harus diwaspadai.

"Yang terdampak banjir dan perlu juga siaga banjir adalah Indramayu," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, dalam konferensi pers virtual, Rabu (24/2).


"Kemudian untuk Jateng ada Kendal, Kota Semarang, Batang, Pekalongan, Pemalang, Tegal, Kota Pekalongan, Brebes, Kota Tegal," kata dia menambahkan.

Sementara itu, seluruh wilayah DKI Jakarta berstatus siaga banjir. Kemudian Banten, Tangerang, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kota Cilegon, Kota Serang, Bogor, Kota Depok, Bekasi, dan Kota Bekasi juga berstatus siaga banjir.

BMKG mengeluarkan peringatan potensi hujan lebat hingga ekstrem diprediksi akan mengguyur DKI Jakarta mulai malam ini hingga dini hari pukul 00.00 WIB, dan terus berlanjut hingga Kamis 25 Februari malam hari.

Terkait dengan dampak banjir dari cuaca ekstrem, sebelumnya, banjir melanda Kabupaten Subang dan Indramayu pada Minggu (7/2). Total 700 jiwa terdampak berhasil dievakuasi, enam korban jiwa, dan satu korban hilang.

Sementara banjir menggenangi beberapa titik di Semarang sejak Sabtu (6/2) hingga Selasa (9/2). Banjir juga terjadi pada Selasa (23/2) dan menggenangi Kantor Pemprov Jateng. 

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyatakan bahwa dirinya adalah orang yang paling bersalah atas peristiwa banjir tersebut.

Tak lama kemudian, nama Ganjar pun menjadi topik populer di Twitter Indonesia. Akun Antonio memuji sikap Ganjar. Namun ia meminta agar pendukung Ganjar tidak fokus memuji sikap Ganjar yang mengaku kesalahan. Namun juga ikut mengkritisi cara penanganan banjir di Jawa Tengah.

(mln/ain)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK