BMKG Prediksi Hujan Ekstrem di DKI Malam Ini Hingga Besok

CNN Indonesia | Rabu, 24/02/2021 18:16 WIB
BMKG memprediksi hujan intensitas lebat hingga ekstrem mengguyur DKI Jakarta mulai Rabu (24/2) malam ini hingga Kamis (25/2) besok. BMKG memprediksi hujan lebat-esktrem akan terjadi hingga Kamis (25/2) di DKI Jakarta. (Foto: CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia --

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan intensitas lebat hingga ekstrem melanda DKI Jakarta secara terus menerus mulai dini hari ini hingga esok.

Hujan lebat hingga ekstrem diprediksi akan mengguyur DKI Jakarta mulai Rabu (24/2) dini hari pukul 00.00 WIB dan terus berlanjut hingga Kamis (25/2) malam.

"DKI Jakarta perlu diwaspadai hujan lebat-ekstrem yang mulai turun malam hari atau dini hari ini dan berlanjut beberapa jam hingga esok pagi dan masih menerus, siang, sore dan sampai malam hari," kata Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, dalam konferensi pers virtual, Rabu (24/2).


Selain DKI Jakarta, BMKG juga meminta wilayah Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Bodetabek) untuk mewaspadai hujan intensitas lebat-ekstrem yang diprediksi akan turun mulai Rabu malam ini.

Dampak banjir akibat hujan intensitas lebat-ekstrem tersebut juga diprediksi akan terjadi serempak di wilayah Jabodetabek.

BMKG juga melaporkan seluruh wilayah DKI Jakarta berada dalam status siaga banjir.

"Khusus DKI perlu diwaspadai adalah hampir merata, Jakut, Jaksel, Jakpus, Jakbar, Jaktim, siaga," ujarnya.

Provinsi lainnya seperti Banten, Jawa Barat, dan Jawa Tengah juga diminta waspada karena berstatus siaga banjir/banjir bandang.

"Dampak ini hampir merata terutama di Banten, Jabar, dan Jateng statusnya siaga banjir/banjir bandang," kata Dwikorita.

Seperti diketahui pada Sabtu (20/2) lalu, ratusan RT di DKI terdampak banjir usai Ibu Kota diguyur hujan ekstrem. Ribuan warga juga sempat mengungsi dan setidaknya lima orang meninggal.

Peringatan soal cuaca ekstrem dan siaga potensi banjir itu jauh hari telah diperingatkan BMKG. Data pemantauan juga sebelumnya menunjukkan wilayah Jabodetabek berpotensi mengalami cuaca ekstrem berdampak signifikan yang diprediksikan terjadi mulai 24-27 Februari 2021.

(mln/psp)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK