Peringatan Dini Cuaca Ekstrem, DKI Siaga Sejak Rabu Malam

CNN Indonesia | Kamis, 25/02/2021 00:17 WIB
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengaku sudah bersiaga sejak Rabu (24/2) malam menghadapi potensi banjir pada Kamis (25/2), sesuai peringatan dini dari BMKG. Ilustrasi. (Unsplash/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengaku sudah bersiaga sejak Rabu (24/2) malam menghadapi potensi banjir pada Kamis (25/2), sesuai dengan peringatan dini cuaca ekstrem dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

"Jajaran Pemprov DKI siaga menghadapi cuaca ekstrem. Semua jajaran siap berkolaborasi menghadapi itu semua," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Sabdo Kurnianto saat dihubungi CNNIndonesia.com, Rabu (24/2).

Ia mengatakan bahwa jajaran Pemprov DKI bersiaga sejak malam ini. Pihaknya juga sudah menginstruksikan seluruh petugas untuk bersiaga di titik-titik wilayah yang berpotensi banjir.


"Kita standby dari malam ini. Petugas-petugas sudah siap di titik-titik rawan," katanya.

Selain itu, Sabdo juga mengatakan bahwa peringatan dini terkait kenaikan muka air juga akan terus disampaikan ke warga. Ini sebagai bentuk peringatan waspada ke warga yang terdampak banjir.

Lebih lanjut, kata Sabdo, pihaknya juga telah mendistribusikan sejumlah tambahan sarana dan prasarana pendukung menghadapi musim penghujan untuk kelurahan serta RT yang rawan genangan dan banjir.

"Kemarin kamidistribusikan sarana pendukung tambahan tahap pertama untuk 182 RT dan 31 RW di 14 kelurahan rawan genangan dan banjir," ujarnya.

Sarana prasarana yang diberikan ke warga di antaranya megaphone dan senter masing-masing 190 buah, 150 ban dalam evakuasi, 37 perahu jerigen, 13 unit perahu karet, 51.000 lembar masker kain, dan 33.311 buku panduan kesiapsiagaan menghadapi banjir bagi masyarakat.

Tak hanya itu, BPBD juga menyalurkan buku pedoman pengendalian banjir bagi organisasi perangkat daerah (OPD), lembaga usaha, dan relawan sebanyak 611 buah.

Sabdo melontarkan pernyataan ini setelah BMKG memprediksi hujan dengan intensitas lebat hingga ekstrem akan melanda Jakarta secara terus menerus mulai dini hari hingga esok.

Hujan lebat hingga ekstrem diprediksi akan mengguyur DKI Jakarta mulai Rabu (24/2) dini hari pukul 00.00 WIB dan terus berlanjut hingga Kamis (25/2) malam. BMKG juga melaporkan seluruh wilayah DKI Jakarta berada dalam status siaga banjir.

(dmi/has)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK