Siswa Belajar Tatap Muka di Sekolah Harus Seizin Orang Tua

CNN Indonesia | Jumat, 26/02/2021 14:04 WIB
Satgas Penanganan Covid-19 mengingatkan belajar tatap muka di sekolah harus atas izin orang tua murid dan menimbang kesiapan penunjang protokol kesehatan. Ilustrasi. Satgas Penanganan Covid-19 mengingatkan belajar tatap muka di sekolah harus atas izin orang tua murid dan menimbang kesiapan penunjang protokol kesehatan. (Foto: CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengingatkan setiap Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) secara tatap muka di sekolah selama pandemi virus corona ini harus dilakukan atas seizin dan disetujui orang tua murid.

Tak hanya itu, Wiku menekankan, belajar tatap muka juga wajib disetujui pemerintah daerah, pihak sekolah dan, siswa.

"Baik pemerintah daerah, penyelenggara kegiatan belajar mengajar, orang tua murid dan bahkan siswa harus sepakat terlebih dahulu untuk memulai KBM tatap muka," kata Wiku saat dihubungi CNNIndonesia.com, Jumat (26/2).


Wiku turut mengingatkan, sekolah yang hendak menggelar belajar tatap muka wajib menyiapkan sarana dan prasarana penunjang protokol kesehatan sehingga aktivitas tak berpotensi menularkan virus corona.

Kesiapan tersebut meliputi perlengkapan penunjang protokol kesehatan pencegahan Covid-19 seperti masker, handsanitizer, tempat cuci tangan, serta akses menuju sekolah agar tidak mengakibatkan kerumunan.

"Kesiapan sarana dan prasarana serta simulasi dalam menjalani kegiatan di masa pandemi harus tersedia dan dimanfaatkan dengan baik," terang Wiku.

Diketahui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah memastikan KBM tatap muka saat pandemi Covid-19 akan dimulai pada semester ini atau Juli 2021.

Namun Kemendikbud belum memberikan penjelasan mengenai tahapan pembukaan sekolah tersebut. Direktur Jenderal PAUD dan Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kemendikbud, Jumeri hanya mengatakan KBM tatap muka ini sekaligus menjadi kampanye penerapan protokol kesehatan di sekolah.

"Masa pembelajaran tatap muka digunakan untuk kampanye menjaga kesehatan bagi guru dan siswa, galakan penyuluhan kepada siswa agar meningkat kesadarannya akan protokol kesehatan," ujar dia lagi.

INFOGRAFIS AGAR TAK TERTULAR VIRUS CORONAInfografis Agar Tak Tertular Virus Corona.(CNN Indonesia/Fajrian)

Sebelumnya Presiden Joko Widodo juga mengutarakan keinginan kembali berlangsungnya sekolah tatap muka mulai Juli 2021 ini. Harapan itu dia sampaikan seiring pemberian vaksinasi Covid-19 ke para tenaga pendidik serta guru.

"Tenaga pendidik dan kependidikan, guru, kita berikan prioritas agar nanti di awal semester ke-2 pendidikan tatap muka bisa kita mulai lakukan," kata Jokowi melalui siaran langsung yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (24/2) lalu.

(mln/nma)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK